Pemprov DKI Tak Akan Perkecil Ukuran Petak Makam Jenazah Covid-19

    Cindy - 01 Februari 2021 13:47 WIB
    Pemprov DKI Tak Akan Perkecil Ukuran Petak Makam Jenazah Covid-19
    Pemakaman jenazah pasien covid-19. AFP/Adek Berry



    Jakarta: Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta mengatakan ukuran petak makam tak mungkin diperkecil demi menambah kapasitas permakaman untuk jenazah covid-19. Sebab, petak makam dengan ukuran 2,5x1,5 meter persegi sudah sesuai ketentuan.  

    "Petak makam itu kan standarnya begitu, enggak bisalah. Nanti enggak muat kalau dikecilkan," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ivan Murcahyo, saat dihubungi Medcom.id, Senin, 1 Februari 2021.






    Ukuran petak makam yang kecil juga bisa mempersulit petugas saat prosesi pemakaman jenazah. Jika diterapkan, kebijakan tersebut juga berpengaruh ke seluruh petak makam yang ada di tempat pemakaman umum (TPU) dan berpotensi memicu masalah di kemudian hari.  

    "Petak di sini lebih kecil yang sana lebih besar, yang ada jadi kacau. Bingung nanti, kok petak keluarga saya lebih kecil. Padahal mah enggak," ujar dia.

    Baca: Ukuran Lubang Makam di TPU Bambu Apus Diperkecil

    Ivan heran dengan pemberitaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperkecil ukuran petak makam. Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta justru berencana mengoptimalisasi prasarana di TPU untuk menambah kapasitas.

    "Paling prasarana seperti jalan, area service seperti selter pekerja. Itu bisa kita optimalkan," ujar dia.

    Optimalisasi lahan TPU setidaknya dapat menambah area khusus covid-19 sekitar 10-30 petak makam. Ivan memastikan upaya optimalisasi lahan tak akan menganggu fungsi pelayanan pemakaman.

    "Kalau petak makam tetap, enggak mungkin bisa dikecilkan. Kalau itu dikecilkan, enggak pantaslah saya rasa," kata Ivan.

    Sebelumnya, Pengelola Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Jakarta Timur, memutuskan memperkecil ukuran petak makam. Hal ini dilakukan agar lebih banyak jenazah yang dapat dimakamkan.
     
    Petak diperkecil dari ukuran 2,5x1,5 meter persegi menjadi 1,2x2,2 meter persegi per lubang makam. Penghematan ukuran tersebut dapat menambah jumlah lubang/petak makam.
     
    "Walau ukurannya lebih kecil namun masih ada jarak sekitar 40 sentimeter setiap sisinya saat memasukkan peti jenazah," kata pengawas pelaksana khusus pemakaman covid-19 TPU Bambu Apus, Muhaimin, dikutip dari akun media sosial resmi Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Jakarta Timur.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id