TPU di Jakpus Ditutup pada 12-16 Mei untuk Ziarah

    Christian - 10 Mei 2021 17:12 WIB
    TPU di Jakpus Ditutup pada 12-16 Mei untuk Ziarah
    Ilustrasi TPU. ANT/Asprilla Dwi Adha



    Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Pusat bakal menutup seluruh Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah itu. Penutupan mulai Rabu, 12 Mei hingga Minggu, 16 Mei 2021.

    Penutupan di TPU Karet Bivak, Karet Tengsin, dan Kawi-kawi. Penutupan sebagai langkah pencegahan penyebaran covid-19 saat masyarakat berbondong-bondong ziarah makam.

     



    "Sesuai dengan kebijakan yang dituangkan melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, dalam hal ini TPU akan ditutup untuk peziarah. Sedangkan pemakaman (tetap dibuka) karena itu wajib," ucap Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma, di kantor Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Senin, 10 Mei 2021.

    Dhanny mengatakan pihaknya bakal menempatkan petugas untuk mencegah masyarakat yang tetap datang ke TPU. Pemkot Jakarta Pusat akan mendirikan posko.

    (Baca: Cegah Kerumunan, Masyarakat Diminta Tidak Berziarah Kubur)

    "Yang jelas pada H harus steril tidak boleh ada pedagang. Pendirian posko ini tak hanya untuk pengawasan peziarah yang datang melainkan juga pedagang-pedagang yang berjualan di atas trotoar, selain itu nantinya petugas akan berkeliling untuk melakukan imbauan," papar dia.

    Sementara itu, Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Pemkot Jakpus Budi Hidayat mengatakan penutupan TPU berdasarkan evaluasi. Peziarah sempat membludak di TPU jelang Ramadan.

    "Ini hasil evaluasi Ramadan 2 April sampai 11 April itu pengujung berkali lipat. Karena tahun lalu tidak ada munggahan. Takut membludak sehingga diputuskan kita tutup," kata Budi.

    Pihaknya sudah menyosialisasikan penutupan ini. Salah satunya, dengan pemasangan spanduk di beberapa titik TPU.

    "Kita meminta bantuan personel Satpol PP untuk antisipasi, kebijakan sudah dilakukan, namun untuk antisipasi perlu keterlibatan personel," tutur dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id