Anies Keteteran Urus Belanja Daerah Bidang Kesehatan

    Nur Azizah - 02 Juli 2019 07:19 WIB
    Anies Keteteran Urus Belanja Daerah Bidang Kesehatan
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai tak optimal dalam merealisasikan belanja dalam urusan pendidikan dan kesehatan. Anies tak menampik belanja daerah tahun 2018 banyak menemukan kendala.

    Salah satunya ialah efisiensi anggaran. Alasan lainnya, pengeluaran belanja atas pembayaran iuran BPJS untuk masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) lebih kecil dari yang dianggarkan.

    "Karena sebagian penerima bantuan melakukan pembayaran secara mandiri," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.

    Alasan berikutnya, realisasi belanja operasional Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) tidak optimal. "Ada keterlambatan penerimaan pembayaran piutang dari BPJS," ucap dia.

    Mantan Mendikbud ini juga tak menyangkal pembangunan RSUD Koja, Jakarta Utara mangkrak. Ia menyampaikan, RS tersebut dalam proses penghapusan aset.

    (Baca juga: DPRD Kritisi Buruknya Realisasi Pendapatan Pajak DKI)

    "Terkait mangkraknya pembangunan RSUD Koja dikarenakan adanya hambatan dalam proses penghapusan aset. Sedangkan untuk perbaikan lift telah dianggarakan penggantian enam unit di Gedung Blok B dan C," pungkas dia.

    Sebelumnya, fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta menyoroti pembangunan RS Koja yang terbengkalai sejak 2018. "Pembangunan RS Koja tertunda akibat lelang yang berlarut-larut dan berkepanjangan," kata anggota fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Ruddin Akbar Lubis.

    Fraksi Golkar juga mengkritisi Rumah Sakit tipe D Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang memberlakukan kuota di sejumlah poli. Dalam sehari, mereka hanya membatasi 25 pasien.

    "Apakah kebijakan ini dibenarkan dan apakah instruksi gubernur atau kebijakan kepala RSUD Kebon Bawang?" tanya Ruddin.





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id