Anies Tidak Peduli Dikritik

    Nur Azizah - 26 Mei 2019 17:00 WIB
    Anies Tidak Peduli Dikritik
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau ambil pusing dengan petisi online yang memintanya untuk mundur dari jabatannya. Ia tak melarang siapa pun untuk mengkritiknya.

    "Setiap warga negara berhak menyampaikan pandangannya, tidak ada larangan sama sekali," kata Anies di Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Mei 2019.

    Anies tak memaksa warga untuk menyukainya. Menurutnya, itu bagian dari demokrasi.

    "Itulah kenapa ada pemilu, ada pilkada, ini bagian dari struktur negara. Pandangan boleh saja beda, setiap warga negara berhak menyampaikan mengkritik," ucap dia.

    Mantan Mendikbud ini menuturkan sebagi tokoh publik harus siap menerima kritik bahkan caci maki. Pejabat publik tak boleh hanya minta dipuji. 

    "Kalau di wilayah publik jangan minta dipuji saja tapi harus siap dicaci dan dimaki, diminta turun atau naik karena prinsipnya dicaci tidak tumbang, dipuji tidak terbang dipuji tidak tumbang," tegas dia.

    Sebelumnya, beredar petisi online yang meminta Anies untuk berhenti jadi Gubernur. LSM bernama Opini Kamu menyebut Anies telah gagal memimpin Ibu Kota.

    "Kegagalan demi kegagalan disertai kejanggalan telah membuat DKI Jakarta sebagai Ibu Kota negara Republik Indonesia semakin terpuruk di bawah kepemimpinan Saudara Anies Baswedan," bunyi petisi itu.

    Dalam petisi itu disebut Anies telah mengambil kebijakan yang salah. Mulai dari menaikkan gaji Tim untuk Gubernur Percepatan Pembangunan (TGUPP) hingga masalah banjir. 

    "Berjamurnya diskotek yang sudah ditutup, sampah menumpuk di mana-mana, pohon plastik, PKL yang merajalela mengambil badan trotoar, naiknya NJOP, susahnya mendapat layanan publik dan kesehatan, dan rusunawa yang tidak terurus," beber Opini Kami.

    Petisi ini telah dimulai sejak dua minggu lalu dan telah ditandatangani sebanyak 131.453 orang dari target 150.000 orang. 
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id