Anies Sebut Toa Paling Bagus untuk Peringatan Banjir

    Insi Nantika Jelita - 07 Agustus 2020 14:26 WIB
    Anies Sebut Toa Paling Bagus untuk Peringatan Banjir
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai penggunaan toa untuk peringatan banjir paling baik. Cara ini ditiru dari Jepang.

    "Ini (toa) adalah cara (Jepang) promosi paling bagus. Strategi mereka sukses lalu kita belanja terus ke Jepang. Lah buat apa? Ini kalau untuk kasus immediate (tiba-tiba) seperti tsunami boleh (digunakan)," kata Anies dalam unggahan di akun Youtube Pemprov DKI Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2020.

    Anies menilai penggunaan toa sebagai peringatan dini kepada warga efektif. Info kepada warga terkait ketinggian air di suatu sungai atau kali saat hujan tiba tak memerlukan waktu lama.

    "Pertanyaan sederhana, kenapa Jepang pakainya beginian? Sering tsunami. Kalau banjir kira-kira antara peringatan dan kejadian berapa menit? Lama, makanya harus ada warning agar pemberitahuannya harus cepat," tutur Anies.

    (Baca: Toa Peringatan Bencana Bukan Hanya untuk Banjir)

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menggunakan pesan singkat untuk memberikan peringatan. Pesan dikirim oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

    Anies ingin ke depan pesan dikirim langsung lewat WhatsApp. "Toa ini sudah terlanjur ada, ya sudah dipakai. Tapi tidak usah ditambah. lalu bangun sistem," tutur Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengusulkan anggaran Rp5,2 triliun untuk program penanggulangan banjir. Sebesar Rp781 miliar untuk pembebasan lahan. Sebanyak 10 lokasi lahan bakal dikerjakan, yakni, lima waduk dan lima sungai.

    Lima waduk yang bakal ada tambahan pembebasan lahan tersebar di waduk Kampung Rambutan, Pondok Rangon, Brigif Cimanggis, dan Lebak Bulus. Sedangkan, pembebasan lahan di lima sungai tersebar di Sungai Ciliwung, Angke, Sunter, Pesanggrahan dan Jatikramat.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id