Rekomendasi Izin Formula E Wewenang Tim Sidang Pemugaran

    Sri Yanti Nainggolan - 13 Februari 2020 19:06 WIB
    Rekomendasi Izin Formula E Wewenang Tim Sidang Pemugaran
    Suasana acara konferensi pers Jakarta E-Prix 2020 di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 20 September 2019. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
    Jakarta: Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Iwan H Wardhana menegaskan rekomendasi izin penyelenggaraan Formula E di Monas ada di tangan Tim Sidang Pemugaran (TSP). Bukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) seperti tertulis dalam surat tindak lanjut persetujuan Komisi Pengarah yang dikirimkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

    "Mestinya yang memberikan advisory (nasehat) Formula E bukan TACB, tapi TSP," kata Iwan saat dikonfirmasi, Kamis, 13 Februari 2020. 

    Menurut Iwan, TACB hanya berwenang menetapan atau mengubah golongan bangunan cagar budaya. Mereka harus bersertifikat nasional dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

    Sementara itu, TSP berwenang mengubah cagar budaya dijadikan objek lain seperti kafe dan restoran. Mereka tak wajib bersertifikat nasional dan berasal dari berbagai profesi seperti museologi, arsitek, hingga arkeolog. 

    Saat disinggung surat dari Anies, Iwan menilai surat itu tak sepenuhnya keliru. Pasalnya, TACB juga berada di bawah Disbud.

    "Tak salah (surat itu). Yang jelas TACB dan TSP adalah kewenangan kami sebagai dapur Disbud," tegas dia. 

    Rekomendasi Izin Formula E Wewenang Tim Sidang Pemugaran
    Desain sementara sirkuit Formula E di Monas, Jakarta. Foto: Dok. Istimewa

    Gubernur DKI Anies Baswedan membalas surat tindak lanjut persetujuan Komisi Pengarahan (Komrah) terkait penyelenggaraan Formula 2020. Kepada Mensesneg Pratikno selaku Ketua Komrah, ia menyebutkan  Pemprov telah mendapat rekomendasi dari TACB DKI Jakarta dalam poin kedua. 

    "Dalam rangka menjaga fungsi, kelestarian lingkungan dan cagar budaya di Kawasan Medan Merdeka dalam pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta," demikian tertulis.

    Rekomendasi tersebut dituangkan dalam surat Kepala Dinas Kebudayaan pada 20 Januari 2020 Nomor 93/-1.853.15 tentang Penyelenggaraan Formula E.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id