Bus Listrik Eropa Jadi Incaran TransJakarta

    Insi Nantika Jelita - 25 Oktober 2019 15:17 WIB
    Bus Listrik Eropa Jadi Incaran TransJakarta
    Bus TransJakarta. Foto: MI/Galih Pradipta
    Jakarta: PT Transportasi Jakarta akan menghadirkan bus listrik buatan Eropa untuk melayani warga. Hal itu disampaikan Direktur Utama Perseroan, Agung Wicaksono pada ajang bergengsi Busworld Europe 2019, di ibu kota Uni Eropa, Brussel, Belgia.

    "Ternyata, bus listrik adalah memang betul tren masa depan dunia. Next generation," kata Agung dalam keterangan resminya, Jumat, 25 Oktober 2019.

    Menurut dia, kendati merek-merek Eropa cukup dicintai konsumen di Jakarta, ada syarat standar laik pakai untuk operasional bus TransJakarta. Pihaknya menyoroti ketahanan baterai bus listrik.

    Cuaca di Jakarta akan memengaruhi kemampuan bus beroperasi, terutama kekuatan baterai untuk pendinginan di dalam bus. Kebutuhan energi baterai untuk AC di iklim tropis sama besarnya dengan kebutuhan energi untuk menggerakkan bus.

    "Kami memastikan bahwa tetap mendorong hadirnya bus merek tersebut dengan versi bus listriknya agar segera siap untuk memenuhi kebutuhan TransJakarta dengan standar dan spesifikasi yang handal untuk cuaca dan suhu udara di Jakarta," kata Agung.

    Sementara itu, merek Tiongkok seperti BYD yang menjadi market leader bus listrik di dunia sudah menjalankan uji coba bersama TransJakarta. Bus merek Mobil Anak Bangsa juga terus berkembang.

    Agung mengatakan TransJakarta lebih mengedepankan agen pemegang merek (APM) dalam pemilihan armada yang akan dioperasikannya. Dengan begitu, kualitas, perawatan,  serta suku cadang dapat dijalankan berkesinambungan

    “TransJakarta terbuka untuk semua. Karena bus tidak penting dari mana 'paspor' atau KTP-nya," jelas Agung. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id