DKI Diganjar Dua Penghargaan dalam Bhumandala Award 2020

    Cindy - 28 November 2020 08:54 WIB
    DKI Diganjar Dua Penghargaan dalam Bhumandala Award 2020
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima Bhumandala Award 2020. DOK Berita Jakarta
    Jakarta: Pemprov DKI Jakarta meraih dua penghargaan dalam Bhumandala Award 2020 dari Badan Informasi Geospasial (BIG). DKI diganjar Bhumandala Kanaka Simpul Terbaik dan Bhumandala Kencana Geoportal terbaik kategori provinsi.

    Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penghargaan ini menjadi stimulan bagi Jakarta membuat terobosan-terobosan baru. Serta, mendapat kesempatan belajar dari daerah lain terkait inovasi di sejumlah sektor.

    "Kami menempatkan penghargaan Bhumandala ini bukan semata-mata sebagai sebuah penghargaan untuk kita kejar saja, tetapi untuk kesempatan kita saling belajar dan prosesnya memberikan manfaat bagi kita," kata Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu, 28 November 2020.

    Anies mengungkapkan pihaknya membuat program integrasi data bernama Jakarta Satu yang memiliki prinsip satu peta, satu data, satu kebijakan pada 17 Januari 2018. Program demi mempermudah pengambilan keputusan berbasis data yang terintegrasi.

    "Setiap SKPD itu tiap unit merasa memiliki data, sehingga mengintegrasikan itu salah satu tantangan terbesar. Karena itu, pada waktu itu pesannya satu, bekerja dalam satu barisan atau keluar dari barisan. Kemudian kita semua kerja bersama," ujar Anies.

    Anies mencontohkan website corona.jakarta.go.id yang membuat peta sebaran kasus covid-19. Peta sebaran kasus itu didapat dari integrasi data lewat program Jakarta Satu.

    Selain itu, pihaknya tengah membuat jaringan data terkait pembayaran pajak di Ibu Kota. Setiap rumah yang sudah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan berwarna hijau, sebaliknya yang belum lunas tak berwarna hijau.

    "Nanti diberi warna juga kalau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) nya belum dibayar, jumlah PKB-nya berapa. Itu semua dalam proses pengintegrasian," jelas Anies.

    Anies berharap integrasi data ke depan akan semakin berkembang lebih jauh di DKI Jakarta. Menurut dia, Bhumandala Award penghargaan atas ikhtiar yang selama ini dikerjakan untuk memastikan informasi data terintegrasi dengan baik dan berbasis peta.

    Bhumandala Award merupakan penghargaan terhadap upaya pembangunan simpul jaringan informasi geospasial. Penilaian kerja simpul jaringan melihat pembangunan lima elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG), yaitu kebijakan, kelembagaan, teknologi, standar, dan sumber daya manusia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id