98% Warga DKI Diklaim Nikmati Fasilitas Kesehatan Murah

    Nur Azizah - 24 Mei 2018 19:40 WIB
    98% Warga DKI Diklaim Nikmati Fasilitas Kesehatan Murah
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim 98 persen warga Ibu Kota sudah merasakan fasilitas kesehatan murah. Hal itu menanggapi sindiran Presiden Joko Widodo terkait mahalnya biaya pengobatan rumah sakit di Jakarta. 

    "Jadi saya bilang sama Pak Presiden kemarin sudah 98 persen (warga menerima Jaminan Kesehatan Nasional), kata Pak Presiden tinggal 2 persen lagi nanti sampai 100 persen," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Mei 2018.

    Masih ada dua persen warga DKI Jakarta yang belum merasakan fasilitas kesehatan murah. Menurut Anies, kendala yang ada bukan karena sulit menjangkau warga, melainkan sulit melakukan singkronisasi data. Ia pun mengaku sudah meminta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil segera menuntaskannya.

    Catatan Pemprov DKI Jakarta, pada November 2017 baru 8.141.263 (78,78 persen) warga yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kemudian, Mei 2018 jumlah peserta bertambah menjadi 10.146.399 orang (98,19 persen).

    Baca Juga: Sandi Tepis Sindiran Jokowi Berobat di DKI Mahal

    Sementara itu, jumlah peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai APBD sebanyak 5.432.514 orang, PBI APBN 1.338.341 orang, dan Non PBI 3.131.059 orang. Para peserta dapat memperoleh layanan kesehatan yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

    Saat ini, Pemprov DKI mencatat jumlah fasilitas kesehatan di Jakarta sebanyak 658 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), dan 145 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). 

    Tingginya penyerapan JKN, kata Anies, membuat Pemprov DKI Jakarta mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Presiden Joko Widodo. "Alhamdulillah sudah mencapai 98 persen, dan kurang dua persen lagi. Ini yang kita kejar," kata Anies.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id