Petani di Lahan TPU Rorotan Khawatir Kehilangan Nafkah

    Yurike Budiman - 07 Januari 2021 09:48 WIB
    Petani di Lahan TPU Rorotan Khawatir Kehilangan Nafkah
    Abdul Hakim, 55, petani yang mencari nafkah dengan memanfaatkan lahan kosong di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Abdul Hakim, 55, khawatir jika Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, segera digunakan sebagai permakaman jenazah covid-19. Sebab, lahan sekitar TPU Rorotan menjadi tempat Abdul mencari nafkah dengan bercocok tanam.

    "Namanya lahan pemerintah mau dipakai, kita bisa berbuat apa. Penghasilannya (keluarga) memang dari sini," kata Abdul saat ditemui di TPU Rorotan, Rabu, 6 Januari 2021.

    Abdul bukan satu-satunya petani yang bergantung dari lahan kosong di TPU Rorotan. Ada tujuh petani yang memanfaatkan lahan yang belum terpakai. Abdul sudah mengarap lahan tidur di TPU Rorotan sekitar 3 tahun untuk menanam sayur-mayur.

    Abdul mengaku pasrah jika memang lahan tersebut digunakan untuk tempat permakaman jenazah pasien covid-19. Abdul hanya berharap pemerintah memiliki kebijakan bagi petani yang menggantungkan hidup ke lahan tersebut, apalagi di tengah masa sulit akibat pandemi.

    Baca: Krisis Lahan, TPU Pondok Ranggon Serahkan Pemakaman ke Tempat Lain

    Walau belum ada sosialisasi, dia tahu lahan TPU Rorotan yang akan digunakan baru seluas 2 hektare. "Apakah kita ada pengganti lahan lain atau bagaimana?" ujar Abdul.

    Abdul menyebut pemerintah provinsi atau kota administrasi belum mengeluarkan kebijakan bagi petani di kawasan tersebut. Abdul mengaku bingung dan memilih tetap bercocok tanam sambil menunggu sosialisasi pemerintah.

    "Kayaknya disuruh berhenti (bertani) karena (lahan) mau dipakai. Kita juga bingung bagaimana cari nafkah untuk anak istri kalau lahan dipakai. Kalau ada (lahan) gantinya, sih enggak jadi masalah," terang Abdul.

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, untuk permakaman pasien covid-19. Tanah di TPU Rorotan kini masih dalam proses pengurukan.

    Lurah Rorotan, Idham Mugabe, mengatakan pengurukan dilakukan Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta. Total luas lahan TPU Rorotan mencapai 25 hektare dengan 2 hektare diprioritaskan untuk pemakaman pasien covid-19.

    "Targetnya sih akhir bulan ini ya (rampung), Pemprov DKI juga sudah mengatakan bulan ini sudah bisa digunakan," kata Idham saat ditemui di Kantor Kelurahan Rorotan, Rabu, 6 Januari 2021.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id