467 Hewan di Jakut Dirawat Pascabanjir

    Yurike Budiman - 13 Januari 2020 17:29 WIB
    467 Hewan di Jakut Dirawat Pascabanjir
    Kucing diobati di klinik hewan yang dibuka Sudin KPKP Jakut. Foto: Istimewa
    Jakarta: Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Jakarta Utara (Jakut) membuka klinik hewan dan rescue di sejumlah titik banjir. Semenjak Sabtu, 4 Januari 2020, hingga Minggu, 12 Januari 2020, klinik ini menangani 467 ekor hewan.

    "Program ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) DKI dalam menanggulangi hewan kesayangan dan ternak yang terdampak genangan," kata Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala, di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin, 13 Januari 2020.

    Menurut dia, klinik ini didirikan di Kelurahan Pejagalan, Kapuk Muara, Kelapa Gading Timur, hingga Tugu Selatan. Fasilitas ini juga disediakan di Kelurahan Rorotan, dan Semper Timur.

    Dia menilai antusiasme para warga, khususnya pemilik hewan peliharaan, sangat tinggi untuk datang ke pelayanan tersebut. Sudin KPKP merawat 268 kucing, 49 anjing, 74 kambing, 75 sapi, dan satu berang-berang. 

    "Mereka menyadari kesehatan hewan kesayangannya agar tidak terserang penyakit akibat genangan saat itu," ungkap dia.

    Dokter hewan Sudin KPKP Jakut, Ina Nusantri, menjelaskan hewan yang ditangani rata-rata mengalami gangguan kesehatan akibat banjir. Binatang itu menderita diare, sakit kulit, dan sakit mata. 

    "Kami berikan pengobatan, selain itu kami kasih bantuan pakan kepada pemilik untuk hewan kucing dan anjing. Seluruh pelayanan di klinik hewan dan rescue gratis," kata Ina. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id