comscore

Anies Bebaskan Pajak Kendaraan Listrik

Cindy - 23 Januari 2020 16:15 WIB
Anies Bebaskan Pajak Kendaraan Listrik
Ilustrasi mobil listrik. Foto: MI/Agus Mulyawan
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membebaskan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) untuk kendaraan listrik roda dua atau lebih. Kebijakan dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020 tentang Insentif Pajak BBN-KB untuk Transportasi Jalan.

"Mulai 2020, kegiatan jual beli, tukar menukar, hibah, warisan kendaraan motor berbasis listrik, baik roda empat maupun roda dua, diberikan pembebasan bea balik nama," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Januari 2020.
Pembebasan pajak BBN-KB diperuntukan bagi kendaraan pribadi dan transportasi umum. Pembebasan pajak tidak berlaku untuk jenis kendaraan semi listrik (hybrid).

"Jadi hanya kendaraan bermotor yang 100 persen menggunakan listrik berbasis baterai," kata dia. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menuturkan kebijakan ini sebagai tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta. Kebijakan bertujuan untuk mendorong penggunaan kendaraan bebas emisi di Jakarta demi kualitas udara yang lebih baik.

"Pergub Nomor 3 Tahun 2020 ini berlaku mulai 15 Januari 2020 sampai dengan 31 Desember 2024 atau berlaku selama lima tahun. Nanti akan di-review kembali peraturan ini," ucap Anies.

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id