Mobil Luar Kota Tetap Dipantau Kamera Tilang Tol

    Siti Yona Hukmana - 20 September 2019 17:34 WIB
    Mobil Luar Kota Tetap Dipantau Kamera Tilang Tol
    Camera CCTV terdapat di simpang empat patung kuda, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Kamera tilang elektronik akan merekam seluruh kendaraan yang melanggar aturan di jalan tol. Sistem tak akan mengecualikan pelat nomor kendaraan dari luar Jakarta.

    "Semua pelanggaran akan ditilang," tegas Kepala Subidrektorat Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir di Jakarta, Jumat, 20 September 2019. 

    Menurut dia, petugasnya di Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya tidak akan kesulitan mencocokkan data pelanggar. Pasalnya, hal itu bisa dilakukan dengan integrasi data.

    "Nanti apabila alamatnya tidak di Jakarta, kita koordinasi dengan polda-polda yang ada di wilayah tersebut," ujar Nasir.

    Penerapan tilang elektronik di tol dilakukan awal Oktober 2019. Sosialisasi terhadap masyarakat diklaim telah dilakukan.

    "Kita juga sudah melakukan uji coba teknis maksudnya elektroniknya. Kemudian, kebutuhan dari jalan tol, kebutuhan dari Ditlantas," aku Nasir.  

    Penerapan tilang elektronik di tol dilakukan atas kerja sama Ditlantas Polda Metro Jaya dengan PT Jasa Marga. Kini, dua instansi itu tengah menunggu hasil uji teknis.

    "Tilang elektronik di tol akan launching pada bulan Oktober, tanggalnya belum tahu karena belum ada keputusan terkait dengan sistemnya sudah berjalan atau belum. Saat ini juga menunggu alat yang didatangkan dari negara asing," pungkas Nasir.

    Jenis pelanggaran yang diterapkan di jalan tol berbeda dengan jalan protokol. Kendaraan bermotor di tol yang terjaring, yakni kelebihan beban, kelebihan dimensi, melebihi batas kecepatan, dan penggunaan bahu jalan. 





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id