Anies: Banjir Harus Bisa Dikendalikan

    Kautsar Widya Prabowo - 29 Oktober 2021 16:08 WIB
    Anies: Banjir Harus Bisa Dikendalikan
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Theofilius



    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jajarannya mengantisipasi potensi banjir saat badai La Nina. Ia menyebut hujan dan banjir dapat dikendilakan manusia. 

    "Hujan dan banjir itu fenomena yang kita hadapi terus menurus, saya garis bawahi ke jajaran jangan dianggap ini sebagai given tapi harus bisa kita dikendalikan. Kalau gempa bumi itu di luar kendali manusia," ujar Anies dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Antisipasi La Nina oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara virtual, Jumat, 29 Oktober 2021. 
     
    Baca: Katulampa Siaga III, Jakarta Waspada Banjir

     



    Anies juga meminta jajarannya dapat mengidentifikasi potensi banjir berdasarkan tingkat curah hujan. Selain itu, ia telah membagi tiga front mengantisipasi banjir akibat dampak La Nina.

    "Front satu adalah front di pesisir pantai, karena permukaan air laut meningkat sementara beberapa daerah itu permukaan tanah lebih rendah dari pada ketinggian laut," kata dia.

    Kemudian, front kedua adalah sungai yang mengalir dari kawasan pengunungan. Sementara itu, front ketiga adalah pengendalian di dalam kota.

    "Itu yang harus kita antisipasi. Tiga-tiganya kita siapkan mitigasinya," kata Anies.

    Anomali iklim La Nina terpantau berkembang di Samudra Pasifik Ekuator dan diperkirakan akan mencapai intensitas menengah hingga akhir 2020. Seluruh wilayah Indonesia diminta mewaspadai dampak La Nina selama musim penghujan.

    "Pada Oktober-November, peningkatan curah hujan bulanan akibat La Nina dapat terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Sumatra," kata Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Herizal dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu, 3 Oktober 2020.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id