Polisi Periksa Dirut Pengelola Komplek Hutan Kemayoran

    Yurike Budiman - 27 Desember 2019 20:42 WIB
    Polisi Periksa Dirut Pengelola Komplek Hutan Kemayoran
    Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto saat olah TKP jembatan ambruk di Hutan Kemayoran, Jakarta. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Polisi terus mengusut kasus ambruknya jembatan di kawasan Hutan Kemayoran, Jakarta. Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran Medi Kristianto turut diinterogasi.

    "Hari ini pemeriksaan konsultan perencana termasuk dari Dirut PPK juga. Kalau kemarin stafnya yang diperiksa," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat, 27 Desember 2019. 

    Budhi mengatakan polisi sudah meminta keterangan sejumlah pihak seperti kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas pembangunan jembatan. 

    Sejumlah perusahaan yang merancang pembuatan jembatan tersebut turut diperiksa. Budhi menyebut perancang jembatan itu yakni perusahaan konsultan perencana PT. PN. Polisi juga memeriksa sejumlah dokumen terkait pembangunan jembatan.

    "Kemudian kami juga akan mengejar daripada pelaksanaan konstruksi atau kontraktornya. Kemudian juga ada konsultan pengawas PT. AK," tuturnya.

    Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di jembatan kawasan Hutan Kemayoran, Kamis, 26 Desember 2019. Olah TKP melibatkan pusat laboratorium forensik (Puslabfor), Lembaga Jasa Konstruksi (LJK), dan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 

    Aparat meneliti konstruksi besi jembatan hingga sambungan beton dengan melibatkan para ahli. Tim ingin mengetahui kekuatan beban jembatan tersebut.

    Perencanaan pembangunan jembatan juga dikuliti guna mencari penyebab jembatan ambruk. Polisi ingin tahu ketika proses mana kesalahan pembangunan jembatan terjadi.

    "Kita akan melihat dari awal kesalahan ini memang sudah dari awal, saat pengerjaan atau saat pengawasan. Ini masing-masing kan punya peran," kata Budhi.

    Jembatan di Hutan Kota Kemayoran, Pademangan, Jakarta Utara, ambruk pada Minggu, 22 Desember 2019, atau sehari setelah diresmikan. Jembatan tersebut ambruk sekitar pukul 13.30 WIB.

    Reruntuhan jembatan berwarna kuning-biru tersebut jatuh ke danau yang berada di tengah kawasan Hutan Kota Kemayoran. Sebelum ambruk, jembatan tersebut dalam proses pengerjaan akhir. Jalan jembatan itu terlihat masih baru dilakukan pengecoran. Tidak ada korban jiwa dalam ambruknya jembatan tersebut.



    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id