Pemilihan Wagub DKI Jadi Agenda Perdana Legislator Baru

    Sri Yanti Nainggolan - 22 September 2019 02:17 WIB
    Pemilihan Wagub DKI Jadi Agenda Perdana Legislator Baru
    Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan jadi agenda perdana DPRD periode 2019-2024. Proses pemilihan bakal langsung dimulai setelah alat kelengkapan dewan terbentuk. 

    "(Pemilihan wagub DKI) Setelah terbentuk alat kelengkapan dewan (AKD)," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra Inggar Joshua seperti dilansir Antara, Sabtu, 21 September 2019.

    Alat kelengkapan dewan terdiri dari pimpinan, badan musyawarah, komisi, badan legislasi daerah, badan anggaran, badan kehormatan, dan alat kelengkapan lain yang diperlukan dan dibentuk dalam rapat paripurna. Inggar menyebut penunjukan wakil gubernur bersifat segera setelah anggota dewan yang baru aktif bekerja.

    "Kita akan segerakan agenda pertama menetapkan wakil gubernur supaya tidak kosong," ujar Inggar. 

    Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendukung percepatan pemilihan Wagub DKI oleh DPRD. Posisi itu kosong sejak Sandiaga mundur untuk mengikuti kontestansi Pemilu Presiden 2019 sebagai calon wakil presiden.

    "Ya saya mendukung supaya segera, kasihan pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) jomblonya kelamaan," ucap Sandi di Jakarta.

    DPRD DKI Jakarta membentuk pansus guna mencari orang yang tepat untuk posisi pendamping Gubernur Anies Baswedan. Namun, hingga anggota dewan 2014-2019 menutup masa tugas, belum ada kepastian mengenai pendamping Gubernur Anies itu. 

    Sejauh ini ada dua nama yang diusulkan oleh Gerindra dan PKS selaku pendukung Anies-Sandi , yakni Ahmad Syaikhu (PKS) dan Agung Yulianto (PKS). Anies juga sempat mengeluh karena sendirian mengurus Jakarta.

    "Acara-acara itu banyak sekali, badannya cuma satu, acaranya banyak. Sehingga sebagian tugas-tugas protokoler kalau ada wakil bisa berbagi, tapi sekarang semua harus dijalani sendiri," kata Anies, Minggu, 11 Agustus 2019.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id