12 Ribu Pemudik Ikut Tes Cepat Covid-19 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

    Nur Azizah - 30 Oktober 2020 16:17 WIB
    12 Ribu Pemudik Ikut Tes Cepat Covid-19 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen
    Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang kereta api (KA) sebelum menjalani tes diagnostik cepat (rapid test) covid-19 di Stasiun Madiun, Jawa Timur, Rabu, 28 Oktober 2020. Foto: Antara/Siswowidodo
    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 membuka layanan tes cepat atau rapid test selama libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemeriksaan ini disediakan untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) selama warga bepergian.

    "Kami telah melayani 12.781 calon penumpang yang melakukan tes rapid," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2020.

    Menurut dia, angka ini terhimpun sejak Sabtu hingga Kamis, 24-29 Oktober 2020. Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal kereta api, penumpang diimbau mengikuti tes cepat pada H-1 sebelum jadwal keberangkatan. 

    Baca: Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi 1 November

    "Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun, namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid test," tutur dia.

    Di KAI Daop 1 Jakarta, fasilitas rapid test tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Layanan ini dibuka sejak pukul 07.00 hingga 19.00 WIB dengan biaya Rp85 ribu.

    "Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid test di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ (kereta api jarak jauh) yang telah terbayar lunas," ungkap dia.

    Calon penumpang yang mendapatkan hasil reaktif tidak diperkenankan mengikuti perjalanan kereta api. Biaya tiket akan dikembalikan penuh di luar bea pesan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id