Anies Bakal Perkuat Satgas Covid-19 Tingkat RW

    Cindy - 25 Januari 2021 09:05 WIB
    Anies Bakal Perkuat Satgas Covid-19 Tingkat RW
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jajarannya memperkuat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di tingkat rukun warga (RW). Satgas covid-19 di tingkat terkecil ini memegang peranan penting menekan laju penularan covid-19 di keluarga.

    “Satgas Covid-19 terutama pada tingkat RW yang sudah ada akan lebih kami maksimalkan, terlebih mereka telah berpengalaman selama hampir setahun," kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Januari 2021.




    Satgas Covid-19 tingkat RW akan fokus menjangkau dan menekan terjadinya klaster keluarga. Klaster keluarga menyumbang penularan covid-19 tertinggi di Jakarta.

    "Karena klaster keluarga menyumbang 566 klaster, setelah klaster perkantoran sebesar 312 klaster,” beber mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    (Baca: Alasan Pemprov DKI Kembali Perpanjang PPKM)

    Anies juga menekankan pentingnya konsolidasi lintas sektoral dan integral dengan daerah sekitar Jakarta. Mengingat, 24 persen pasien yang dirawat di fasilitas kesehatan DKI merupakan warga non Jakarta.

    Dia menyebut warga Ibu Kota khawatir akibat penyebaran covid-19. Kekhawatiran tersebut meningkatkan kewaspadaan warga terhadap virus yang menyerang saluran pernapasan itu.

    “Kami berharap, suasana ini juga dirasakan warga di luar Jakarta, sehingga tanggung jawab untuk menanggulangi dan mencegah paparan covid-19 dapat dilakukan bersama-sama,” kata Anies.

    Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga Senin, 8 Februari 2021. Perpanjangan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 51 Tahun 2021 terkait Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id