Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Kebut Pembangunan Waduk dan Embung

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Maret 2021 01:50 WIB
    Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Kebut Pembangunan Waduk dan Embung
    Ilustrasi banjir. Medcom.id/Zaenal



    Jakarta: Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta mempercepat pembangunan tiga waduk dan satu embung untuk mengantisipasi banjir. Pembangunan waduk dan embung itu berada di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

    "Waduk Brigief, kita coba selesaikan pembebasan lahan. Sehingga bisa mereduksi Kali Krukut mencapai 30 persen," ujar Sekretaris Dinas SDA DKI Dudi Gardesi dalam diskusi virtual, Rabu, 17 Maret 2021.






    Dinas SDA DKI juga akan membangun waduk di Pondok Ranggon, Jakarta Timur, seluas 11,56 hektare. Pembangunan waduk itu ditargetkan rampung pada 2021. Waduk tersebut diharapkan dapat mereduksi debit banjir Kali Sunter sebesar 20 persen.

    Pembangunan waduk juga akan dilakukan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Namun, proses pembangunan terkendala proses pembebasan lahan. Waduk seluas 3,83 hektare itu rencananya dibangun untuk mereduksi debit banjir Kali Grogol sebesar 11 persen.

    "Embung Wirajasa (akan) mengurangi debit Kali Sunter dan sebagai daerah resapan air, daerah ruang publik, meski tidak besar diharapkan menambahkan peningkagan kapasitas (kali di) hulu-hulu Jakarta," jelasnya.

    Baca: Cegah Banjir, Warga Sunter Agung Ramai-ramai Korek Saluran Air

    Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersungguh-sungguh dalam menangani banjir di Ibu Kota. Anggaran yang dikucurkan sangat besar untuk mengatasi bencana tersebut.

    "Terkait banjir, kami ini anggarannya kurang lebih sampai 20 persen belanja modal, jadi besar perhatian kami terhadap banjir," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Maret 2021.

    Dia menjelaskan dana yang digelontorkan untuk penanganan banjir mencapai Rp2-3 triliun. Sedangkan, rata-rata belanja modal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI sebesar Rp9-10 triliun.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id