SKPD Keberatan, Keputusan Monas untuk Reuni 212 di Tangan Anies

    Sri Yanti Nainggolan - 14 November 2020 02:39 WIB
    SKPD Keberatan, Keputusan Monas untuk Reuni 212 di Tangan Anies
    (Ilustrasi) Kawasan Monas ditutup sejak pandemi covid-19 untuk gelaran atau kegiatan. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah membahas rencana penggunaan kawasan Monumen Nasional (Monas) sebagai tempat acara reuni akbar 212. Rencana itu tak disambut positif karena kondisi Ibu Kota yang dilanda pandemi covid-19.

    "Pada dasarnya semua SKPD (satuan kerja perangkat daerah) keberatan. Karena memang sedang suasana (pandemi) covid-19 seperti ini," ujar Kepala Seksi Pelayanan Informasi Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Irfal Guci saat dikonfirmasi, Jumat, 13 November 2020.

    Keberatan ini juga mempertimbangkan kemungkinan pihak lain ikut menggelar gelaran di Monas jika satu kegiatan diperbolehkan. Padahal, Monas masih ditutup untuk publik.

    Namun, keputusan akhir penetapan izin ada di tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pihak UPK Monas sendiri sudah memberikan rekomendasi keberatan.

    "Tapi kan rekomendasi kita itu apakah seperti itu yang ditulis oleh Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik DKI), saya tak tahu," kata dia.

    Baca: ASN DKI Dilarang Ikut Reuni PA 212 - Medcom.id

    Lagipula, lanjut Irfal, Monas tak bisa menampung massa 212 mengingat seluruh kapasitas fasilitas di masa pandemi covid-19 hanya 50 persen. Kapasitas Monas di hari biasa yang maksimal menampung 10.000 orang hanya bisa diisi 5.000 orang.

    Ditambah, Monas tak sepi meski tutup. TNI dan Brimob berjaga-jaga selama masa unjuk rasa di area tersebut. Jumlah personel yang bersiaga di sekitar Monas mencapai 8.000 orang.

    "Apalagi kalo ditambah (massa) 212, tambah massa yang lain. Itu sudah melanggar ketentuan (protokol kesehatan) yang kita buat sendiri," tutup dia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id