Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Cegah Macet

    Media Indonesia - 25 Oktober 2020 22:51 WIB
    Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Cegah Macet
    Ilustrasi arus lalu lintas. Medcom.id
    Jakarta: Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menyiapkan pola untuk mengatur kemacetan atau rekayasa lalu lintas mengantisipasi kepadatan kendaraan selama puncak arus mudik libur panjang pada akhir Oktober 2020. Polri berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memperlanjar arus lalu lintas.

    "Jadi kita sudah mengantisipasi dengan mempersiapkan pola-pola yang kita siapkan untuk mengantisipasi kemacetan," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes  Rudy Antariksawan, kepada Media Indonesia, Minggu, 25 Oktober 2020.

    Rudy menuturkan polisi kemungkinan memberlakukan contra flow (lawan arus) di beberapa titik jalan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

    Rekayasa lalu lintas khususnya bagi pemudik yang berangkat ke arah Jawa Tengah melalui jalur tol. "Beberapa kali kita telah rapat dengan Jasamarga, Dishub, Tol, untuk menyiapkan rekayasa lalu lintas," ungkap Rudy.

    Pihaknya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas bagi warga yang menuju ke Merak dan Lampung. Penyeberangan antardermaga sudah diatur supaya tidak ada antrean mobil.

    Sementara itu, untuk jalur ke Cileunyi menggunakan tol, polisi akan menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 47 sampai KM 61. Pengalihan merupakan titik pertemuan antara tol elevated atas dan bawah.

    Sedangkan, di jalur balik, polisi menyiapkan pengalihan arus lalu lintas dari KM 61 sampai ke 47. "Kalau masih padat hingga KM 28," ucap Rudy.

    Rudy menegaskan tidak akan ada pembatasan jumlah kendaraan selama libur panjang meski dalam situasi pandemi covid-19. Namun, pengendara harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

    "Nanti di rest area pembatasan kapasitas 50 persen. Ini tergantung masing-masing Pemda," ungkap dia.

    Libur panjang akhir Oktober 2020 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kepadatan arus mudik dimulai pada 27 Oktober 2020.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id