Cara Polres Jakbar Memerangi Narkoba Diapresiasi

    10 Mei 2019 16:51 WIB
    Cara Polres Jakbar Memerangi Narkoba Diapresiasi
    Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni (kanan). Foto: Partai NasDem
    Jakarta: Sepak terjang Polres Metro Jakarta Barat dalam memberantas peredaran gelap narkotika diapresiasi Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Dalam sebulan terakhir, Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mampu menggagalkan penyelundupan ratusan kilogram sabu jaringan internasional.

    "Bayangkan jika barang-barang haram tersebut tidak mampu dicegah oleh penegak hukum kita? Apa yang dilakukan Polres Jakarta Barat adalah capaian yang harus kita apresiasi," kata politikus muda Partai NasDem itu, Jumat, 10 Mei 2019.

    Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) yang dirilis awal 2019, dari 4,5 juta pengguna narkoba di Indonesia, 24 persen berlatar belakang pelajar dan 59 persen adalah pekerja. Hal ini, menurut Sahroni, menggambarkan target narkoba adalah kalangan usia produktif yang seharusnya menjadi generasi penerus bangsa.

    Fakta tersebut, menurut Sahroni, memaksa setiap elemen pemerintah dan masyarakat berjuang bersama membebaskan bangsa dari belenggu narkoba. Hal ini, kata Sahroni, dicontohkan dengan sangat baik oleh Polres Jakbar. Diperlukan kegigihan dalam menjalankan komitmen memerangi kartel peredaran narkoba.

    “Jika saja setiap polres atau polsek mampu bekerja optimal seperti yang dilakukan Polres Jakbar, saya yakin kita bisa menyelamatkan generasi muda dari ketergantungan narkoba. Tentunya tidak hanya dari sisi penindakan, namun juga pencegahan,” katanya.

    Kapolres Jakbar Kombes Hengki Haryadi mengatakan memiliki strategi untuk mencegah beredarnya barang haram tersebut di Indonesia, khususnya Jakarta Barat. Salah satunya dengan meningkatkan penindakan pencegahan.

    "Artinya, barang-barang harus dicegah sebelum masuk ke Jakarta. Apabila sabu ini telanjur sampai ke Jakarta dan menyebar, akan lebih susah mengungkapnya," jelas Hengki.

    Baca: Sebulan, Polres Jakbar Sita 148 Kilogram Sabu

    Polres Jakbar sebelumnya menyita 120 kilogram sabu dari Myanmar. Terakhir, Polres Jakbar menyita sabu seberat 16 kilogram yang dikirim dari Amerika Serikat. Badan Antinarkotika Amerika Serikat (DEA) menyita sabu seberat 12 kilogram dari jaringan tersebut.

    Kasus ini terungkap atas kerja sama Polres Metro Jakarta Barat dan Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Polres Jakbar yang mendapat informasi akan adanya pengiriman sabu dari Amerika berkoordinasi dengan Bea Cukai untuk mengagalkan penyelundupan tersebut.




    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id