Limbah Kali Item akan Diolah dengan Alat Lokal

    Nur Azizah - 31 Mei 2018 11:53 WIB
    Limbah Kali Item akan Diolah dengan Alat Lokal
    Pejalan kaki melintasi jembatan Kali item yang sedang diperbaiki petugas Kementerian PU di daerah Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (10/12) - ANT/Fakhri Hermansyah.
    Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal menggunakan alat pengolahan limbah domestik Andrich Tech System milik PT MJH Lestari International. Alat itu dinilai ampuh menghilangkan bau comberan di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat.

    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sistem tersebut masih dalam tahap uji coba. Ia berharap, sistem pengolahan limbah dapat digunakan sebelum Asian Games 2018. 
    "Sistem itu masih tahap uji coba. Kalau bisa dilakukan sebelum Asian Games agar sungai Kali Item itu bisa kita olah biar warnanya bisa lebih jernih," kata Sandi di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Mei 2018.

    (Baca juga: Alat Pengolahan Limbah Tinja belum bisa Dipakai Masyarakat)

    Sandi tak mau bau tak sedap itu mengganggu para atlet Asian Games. Pasalnya, Kali Item tepat berada di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

    "Karena dekat juga dengan kafetaria yang akan digunakan para atlet dan official untuk makan," ungkap dia. 

    Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini berharap uji coba selesai bulan ini. Usai uji coba, Pemprov juga akan memanggil sejumlah ahli untuk memastikan bahwa sistem tersebut dapat diimplementasikan sebelum perhelatan terbesar se-Asia itu dimulai.

    "Kalau soal pendanaan ini lebih murah 30 persen dari teknologi yang ada. Sekarang sedang diserahkan ke PD PAL Jaya untuk memberikan informasi tambahan pengolahan limbah ini," pungkas dia.

    (Baca juga: PAL Jaya Tegaskan Pengolahan Limbah Tinja bukan untuk Air Minum)





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id