Ahok Serahkan Desain Pengembangan Makam Mbah Priok kepada Ahli Waris

    Whisnu Mardiansyah - 04 Maret 2017 22:06 WIB
    Ahok Serahkan Desain Pengembangan Makam Mbah Priok kepada Ahli Waris
    Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan makam Mbah Priok sebagai cagar budaya. MTVN/Whisnu Mardiansyah.
    medcom.id, Jakarta: Makam Mbah Priok Habib Hasan Alhadad resmi ditetapkan sebagai cagar budaya dan akan disulap menjadi kawasan wisata religi. Untuk desain kawasan wisata religi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyerahkan kepada ahli waris.

    "Kita akan segera mendesain sesuai gambaran yang diberikan Habib Hasan," kata Ahok di Makam Mbah Priuk, Koja, Jakarta Utara, Sabtu 4 Maret 2017.

    Ahok mengatakan seluruh kawasan makam akan dipugar. Termasuk, pembangunan kawasan kuliner dan wirausaha di sekitar lokasi itu.

    "Masjidnya segera dibangun, tempat santri, dapur, kandang hewan, toilet-toilet, dan PKL yang menjual kuliner di depan, parkir, pendidikan anak nanti ini semua akan kita bantu desain," jelasnya.

    Mantan Bupati Belitung Timur itu meminta swasta dan pengusaha ikut ambil bagian dalam pengembangan kawasan makam Mbah Priok. Termasuk PT.Pelindo II sebagai bagian dari CSR.

    "Sehingga ini akan jadi situs ziarah yang membanggakan bukan hanya untuk Jakarta untuk Indonesia juga," ujar dia.

    Hingga saat ini, Ahok belum bisa menaksir besaran dana untuk pengembangan kawasan makam Mbah Priook. Sebab, desain pembangunan wilayah itu masih belum terbentuk.

    Ahok telah menetapkan makam Mbah Priok Habib Hasan Alhadad sebagai cagar budaya. Ahok meresmikan status cagar budaya dengan menandatangani prasasti yang tertanam di sana.

    Ahok menegaskan, penentuan cagar budaya merupakan hak Gubernur DKI Jakarta. Pemberian status cagar budaya ini tak berjalan mudah. Ahok mengaku sempat mendapatkan penolakansaat menggelar rapat pimpinan dengan beberapa pihak terkait.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id