Presiden AS Prediksi Jakarta Tenggelam, Wagub: Kita Banyak Program Pencegahan

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Agustus 2021 22:59 WIB
    Presiden AS Prediksi Jakarta Tenggelam, Wagub: Kita Banyak Program Pencegahan
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Foto: Istimewa



    Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tidak sependapat dengan prediksi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Ia mengatakan Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

    "Insyaallah dengan berbagai program yang ada kita akan upayakan Jakarta tidak tenggelam," ujar Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Agustus 2021. 

     



    Ariza sapaan akrabnya menjelaskan Jakarta memang berada di daratan rendah dan dikelilingi laut. Namun, terdapat sejumlah program yang telah diterapkan untuk mencegah hal tersebut.

    "Program air bersih, pipanisasi, program giant wall, dan lain sebagainya. Kita harapkan Jakarta tidak tenggelam," tuturnya.

    Ia menekankan upaya pemerintah provinsi (pemprov) tidak akan berjalan optimal tanpa peran masyarakat. "Yang tidak kalah penting, perilaku masyarakat kita perbaiki untuk tidak membuang sampah sembarangan," ucap dia.

    Baca: Strategi Agar Jakarta Tak 'Tenggelam' dalam 10 Tahun

    Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyinggung prediksi kemungkinan Jakarta akan tenggelam 10 tahun ke depan. Ia menyinggung kondisi Jakarta dalam pidato mengenai perubahan iklim di kantor Direktorat Intelijen Nasional AS pada Selasa, 27 Juli lalu.

    "Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi memperebutkan tanah subur," ucap Biden dalam pidatonya, seperti dikutip dari Whitehouse.gov, Jumat 30 Juli 2021.

    "Tapi apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena akan berada di bawah air?" tutur Biden.

    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id