Kantor Perlu Bentuk Gugus Tugas Demi Cegah Klaster Baru

    Fachri Audhia Hafiez - 08 Agustus 2020 21:56 WIB
    Kantor Perlu Bentuk Gugus Tugas Demi Cegah Klaster Baru
    Sejumlah pekerja berjalan usai bekerja dengan latar belakang gedung perkantoran di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 16 April 2020. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu mendorong pembentukan gugus tugas covid-19 di internal perkantoran. Hal tersebut guna mencegah munculnya klaster baru.

    "Gugus tugas internal kantor tugasnya memastikan mengenai perkembangan kasus covid-19 di masing-masing kantor," kata pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, saat berbincang dengan Medcom.id, Sabtu, 8 Agustus 2020.

    Menurut dia, melalui gugus tugas internal, pemantauan karyawan terpapar covid-19 lebih efektif. Penangangan kasus covid-19 juga bisa lebih efisien.

    Beberapa kantor, kata dia, kerap menutupi karyawan yang terjangkit virus korona. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta didesak memasifkan inspeksi mendadak (sidak).

    "Melalui Disnaker itu harus melakukan pengawasan yang ketat yaitu melakukan sidak-sidak dan koordinasi dengan gugus tugas kantor yang dibentuk itu," ucap Trubus.

    Perkantoran dengan karyawan positif covid-19 mesti menjalankan langkah antisipatif dengan menutup operasional selama tiga hari. Selama penutupan, kantor disemprot disinfektan secara menyeluruh.

    "Kalau tutup selamanya nanti orang menganggur semua, ini bertentangan kebijakan pemulihan ekonomi nasional. Jadi penutupan itu sifatnya sementara," ujar Trubus.

    Baca: Perusahaan Diminta Bentuk Gugus Tugas Internal

    Di samping itu, pencegahan munculnya klaster baru di perkantoran dapat dijalankan dengan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi sebagian karyawan. Kesempatan WFH juga mesti bergilir.

    "Artinya kalau yang 50 persen masuk yang 50 persen WFH. Kalau misal enggak bisa, itu ada yang harusnya masuk semua, cuma harus menegakkan protokol kesehatan dan diawasi oleh gugus tugas internal itu," tutur Trubus.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id