Operasional MRT hingga TransJakarta Kembali Normal

    Cindy - 16 Maret 2020 19:46 WIB
    Operasional MRT hingga TransJakarta Kembali Normal
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengembalikan jadwal operasional seluruh angkutan umum di DKI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyindir Gubernur Anies Baswedan dan mengeluarkan instruksi agar kepala daerah menyediakan kendaraan umum bagi warga.

    "Sesuai arahan Bapak Presiden terkait  penyelenggaraan kendaraan umum massal untuk masyarakat, Kami kembali menyelenggarakan dengan frekuensi tinggi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pendopo Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 16 Maret 2020.

    Baca: Jokowi Sindir Anies Soal Ketersediaan Transportasi Publik

    Angkutan yang kembali normal yakni moda raya terpadu (MRT), light rapid transit (LRT), dan TransJakarta. Walau jadwal operasional kembali normal, Pemprov DKI tetap menerapkan jaga jarak sosial (social distancing) antarpenumpang.

    "Artinya akan ada pembatasan jumlah penumpang per bis dan per gerbong di setiap kendaraan umum yang beroperasi di bawah Pemprov DKI jakarta," ucap Anies.

    Pembatasan antrean masuk halte dan stasiun juga diberlakukan untuk mengurangi risiko penularan covid-19. Antrean diperpanjang sampai luar halte dan luar stasiun.

    Operasional MRT hingga TransJakarta Kembali Normal
    Ilustrasi bus TransJakarta. Antara/Andri Widiyanto

    "Antrean di luar halte dan stasiun di ruang terbuka dari diskusi para ahli mengurangi tingkat risiko penularan daripada antrean atau kepadatan di ruang tertutup," ujar Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    Anies mengimbau  pemilik perusahaan memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH). Hal itu juga sejalan dengan arahan Jokowi.

    "Utamakan berkontribusi produktif meskipun bekerja dari rumah," ujar dia.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id