RS Rujukan Covid-19 di DKI Terisi 80 Persen, Warga Diminta Waspada

    Media Indonesia - 13 Januari 2021 06:02 WIB
    RS Rujukan Covid-19 di DKI Terisi 80 Persen, Warga Diminta Waspada
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dok. BNPB
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan masyarakat Ibu Kota lebih waspada penularan covid-19. Apalagi, rumah sakit (RS) rujukan covid-19 di Jakarta terisi lebih dari 80%.

    "DKI sebentar lagi akan penuh. Apabila tempat tidur di fasilitas kesehatan terpakai 100% maka pasien covid-19 tidak akan bisa ditangani," kata juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 12 Januari 2021.

    Jumlah kasus positif covid-19 nasional sepekan ini melonjak. Bahkan sempat berada di atas 10.000 kasus. Kondisi ini harus menjadi perhatian seluruh pihak.

    Baca: Satgas: Tempat Tidur RS di Jakarta Hampir Penuh

    Semakin tinggi temuan kasus covid-19 membuat kebutuhan fasilitas kesehatan naik tajam. Apalagi, setidaknya 30 persen kasus aktif membutuhkan perawatan di rumah sakit.

    "Apabila terus meningkat, maka beban tenaga kesehatan akan semakin besar dan potensi penularan covid-19 pada tenaga kesehatan juga akan semakin meningkat,” lanjutnya.

    Satgas Covid-19 meminta masyarakat patuh protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Keterisian unit perawatan intensif (ICU) di DKI Jakarta disusul sejumlah daerah lain yang juga berada di atas 70 persen.

    Di antaranya, Banten 81 persen, DI Yogyakarta 78 persen, dan Jawa Barat 75 persen. Kemudian Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah sebesar masing-masing 71 persen.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id