comscore

Ibu Kota Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta?

MetroTV - 19 Januari 2022 23:50 WIB
Ibu Kota Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta?
Jakarta tetap ingin statys khusus. Foto: Dok/Metro TV
Jakarta: Perpindahan Ibu Kota secara bertahap ke Nusantara di Kalimantan Timur menyisakan permintaan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tentang revisi undang-undang. Revisi ini bertujuan agar Jakarta tetap diberi status khusus seperti Yogyakarta dan Aceh.

Setelah secara resmi Ibu Kota baru akan dipindahkan ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur dengan nama Nusantara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terlihat was-was dengan dicabutnya status daerah khusus.
Tidak ingin kalah pamornya dengan Nusantara, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ingin Jakarta tetap jadi daerah khusus atau daerah istimewa.

Dalam rangka mempertahankan status khusus ini Pemprov DKI akan menyiapkan sejumlah hal seperti pengajuan revisi undang-undang. Pemprov DKI juga mengambil contoh Daerah Istimewa Yogyakarta dan Aceh yang bisa mendapat status khusus.

"DKI Jakarta sedang mempersiapkan agar nanti revisi undang-undang terkait DKI bisa sesuai dengan harapan kita, yatu Jakarta bisa tetap mendapat kekhususan. Sehingga nanti menjadi pusat perekonomian, perdagangan, pendidikan, atau lainnya," ujar Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dalam tayangan Headline News di Metro TV pada Rabu, 19 Januari 2022.

Riza juga mengungkapkan bahwa proses pengajuan DKI Jakarta agar mendapat status khusus ini akan dibicarakan dengan Kementerian Dalam Negeri dan pihak terkait lainnya. (Leres Anbara)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id