comscore

Anies Berharap Pelayanan Administrasi Kependudukan di Jakarta Dicontoh Daerah Lain

Selamat Saragih - 29 Desember 2021 20:52 WIB
Anies Berharap Pelayanan Administrasi Kependudukan di Jakarta Dicontoh Daerah Lain
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Ibu Kota dicontoh pemerintah daerah (pemda) lain. Hal itu dikatakan Anies dalam acara penandatanganan kerja sama antara Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta dengan lima pihak.

Pihak tersebut antara lain, Pengadilan Tinggi Agama, Gereja Bethel Indonesia Jemaat 'Kosambi Baru', Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), PT Paket Anak Bangsa (Gosend), serta Rumah Sakit Pondok Indah.
"Kita perlu terobosan yang banyak. Nah kami berharap nantinya kita (Pemprov DKI) justru bisa menjadi contoh," kata Anies, di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Desember 2021.

Menurut Anies, saat ini diperlukan banyak terobosan baru dalam pengurusan adminduk agar masyarakat lebih merasakan berbagai kemudahan. Terutama terobosan di bidang teknologi yang sangat diperlukan pada masa pandemi.

"Kita tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Masuk ke luar fasilitas melakukan scanning tentang data kita. Kan enggak terbayang dulu ada scanning pakai yang sekarang kita sebut PeduliLindungi, pakai Jaki," ujar Anies.

Baca: Jokowi: Tidak Ada Toleransi Bagi Penyelenggara Pelayanan yang Lambat

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengapresiasi proses penandatanganan kerja sama antara Dinas Dukcapil DKI Jakarta dan lima pihak tersebut. Menurut dia, amanat dari kerja sama ini untuk mendukung kebijakan kemudahan dalam pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id