Jakpro Tak Dapat Restu Seniman

    Sri Yanti Nainggolan - 28 November 2019 16:27 WIB
    Jakpro Tak Dapat Restu Seniman
    Rancangan revitalisasi TIM. Foto: Istimewa
    Jakarta: PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengaku sudah bertemu dengan seniman untuk membahas pembangunan hotel di Taman Ismail Marzuki (TIM), Menteng, Jakarta Pusat. Namun, JakPro tak mendapatkan restu para seniman.

    Corporate Secretary JakPro Hani Sumarno menyebut diskusi dihadiri beberapa seniman seperti budayawan Radhar Panca Dahana dan pengamat teater Arie Batubara. Radhar konsisten tak ingin ada penginapan di TIM.

    "Segala bentuk yang sifatnya menghasilkan dana yang masukan rekening. Beliau enggak berkenan, jadi kami tampung semuanya," kata Hani di Jakarta, Kamis, 28 November 2019. 

    Sementara itu, Arie meminta tim revitalisasi mendalami perjalanan panjang TIM. Pasalnya, TIM mengandung romantisme masa lalu dari generasi ke generasi. 

    "Proyek ini memang harus lebih intens dialognya kurang lebih seperti itu," ungkap dia.

    JakPro berjanji akan meninjau model bisnis hingga perubahan-perubahan dalam proyek ini. "Kan sudah berkontrak. Kalau diubah maka kesepakatan perlu ada adendum," terang dia. 

    Sementara itu, Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta membuka ruang dialog dengan para seniman terkait revitalisasi TIM, Rabu, 27 November 2019. Para seniman menolak keberadaan hotel di TIM. 

    Sastrawan Radhar Panca Dahana menyebut keberadaan hotel di TIM tak diperlukan. Pasalnya, penginapan di luar kawasan TIM mudah di akses dan murah.

    "Untuk apa lahan sekecil itu (lahan di TIM) digunakan untuk pembangunan hotel," ucap Radhar.
     
    Seniman teater Iwan Kurnani meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tak usah muluk-muluk membangun hotel bintang lima. Seniman hanya membutuhkan wisma seperti di era 70-an.
     
    PDI Perjuangan DKI pun berencana mempertemukan seniman TIM dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Mereka perlu bertemu untuk membahas penolakan ini.






    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id