comscore

Kopaja TransJakarta Resmi Mengaspal

Riyan Ferdianto - 22 Desember 2015 19:07 WIB
Kopaja TransJakarta Resmi Mengaspal
Articulated bus Kopaja yang tergabung dalam TransJakarta. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)
medcom.id Jakarta: Kopaja terintegrasi TransJakarta resmi mengaspal di Ibu Kota. Mereka akan beroperasi lintas koridor dengan tarif Rp3.500 sekali jalan.
 
Direktur PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, jumlah bus Kopaja yang gabung ke PT Tranjakarta sebanyak 351 unit, terdiri dari 320 unit bus sedang dan 31 unit bus gandeng.
 
Kopaja TransJakarta berfungsi sebagai angkutan pengumpan yang mengambil penumpang dari luar koridor. Bus itu memiliki fasilitas sama dengan bus TransJakarta pada umumnya. Tiap armada dilengkapi GPS dan kamera pengintai.
 
"Tiga hal yang kita syaratkan untuk keamanan. Pertama wajib GPS, jadi mereka tidak boleh keluar jalur yang sudah ditentukan. Kedua kamera pengintai, semua kejadian di depan bus bisa terlihat dan ketiga pintunya sudah standar TransJakarta," kata Kosasih saat peluncuran armada bus angkutan umum pengumpan untuk koridor busway di parkir timur Senayan, Selasa (22/12/2015).
 
Tidak seperti bus-bus Kopaja reguler, Kopaja berstandar TransJakarta tidak menerapkan sistem setoran. Kopaja menerapkan sistem rupiah per kilometer.
 
Dinas Perhubungan dan Transportrasi Jakarta akan mensosialisasikan rute yang dilalui bus berwana biru putih itu. Rencananya mereka akan beroperasi di lima rute lintas koridor TransJakarta. Seperti rute Pantai Indah Kapuk - Monas, Ragunan - Monas, Ragunan-Dukuh Atas, Lebak Bulus - Senen via Stasiun Cikini, dan Blok M - Manggarai.

(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id