Dua Penyebar Hoaks Covid-19 di Jakbar Ditangkap

    Zakaria Habib - 26 Maret 2020 16:33 WIB
    Dua Penyebar Hoaks Covid-19 di Jakbar Ditangkap
    Ilustrasi. Medcom.
    Jakarta: Polres Metro Jakarta Barat menangkap penyebar berita bohong atau hoaks. Berita itu terkait video petugas keamanan yang pingsan karena terpapar virus covid-19 (korona). 

    Informasi hoaks disebarkan dalam rekaman video berdurasi 1 menit 11 detik. Dalam video, seorang petugas keamanan di wilayah Latumenten, Grogol Petamburan, jatuh pingsan di pos jaganya. Oleh pelaku, video disebar dengan narasi korban terpapar covid-19.

    Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru menjelaskan polisi langsung menyelidiki penyebar awal video tersebut. Polisi menangkap dua orang berinisial CL, 56, dan LL, 29. 

    CL berperan sebagai perekam video. Pelaku LL kemudian menyebarkan video tersebut ke grup WhatsApp hingga menjadi viral.

    Baca: Hoaks Korona Bertambah

    "Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan sesuatu berita terkait virus covid-19 ini sudah ada bagian yang akan memberikan penerangan terhadap masyarakat," kata Audie.

    Audie mengimbau masyarakat berhati-hati menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. "Saya juga ingin menyampaikan untuk tidak menyebarkan berita berita di media sosial sementara kita belum tahu sumber yang jelas," ucap dia.

    Keduanya terancam dijerat Pasal 28 ayat 1 juncto 45 a ayat 1 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Mereka terancam hukuman enam tahun penjara.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id