Penyerapan Anggaran 2017 DKI Jakarta Meningkat

    M Sholahadhin Azhar - 18 Desember 2017 22:53 WIB
    Penyerapan Anggaran 2017 DKI Jakarta Meningkat
    Sekda DKI Saefullah. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Penyerapan anggaran DKI Jakarta tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menyebut pada 2016, penyerapan hanya 82 persen saja.

    "Iya lebih tinggi, tahun lalu itu 82 persen," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Senin, 18 Desember 2017.

    Perkiraan di penghujung 2017, penyerapan diprediksi mencapai 86 persen. Saefullah menyebut hal itu sebagai capaian tersendiri. "Iya, 4-5 persen lah naiknya," jelas Saefullah.

    Sementara saat ini, penyerapan anggaran di Ibu Kota sekira baru 70 persen saja. Pun demikian Saefullah memastikan hal itu bakal meningkat dan memenuhi prediksi sebesar 86 persen. Sebab banyak proyek yang diperkirakan rampung administrasinya dan menyerap APBD di akhir tahun ini.

    Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti Pemda agar tak mengendapkan uang anggaran di bank. Hal ini dikemukakan usai temuan ratusan triliun rupiah dana milik pemerintah daerah yang mengendap di perbankan. 

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo juga menegaskan hal serupa. Pemda harus bisa menyerap anggaran di daerah sehingga bermanfaat bagi masyarakat di sana.

    Sejauh ini, Tjahjo melihat Pemda telah mengikuti arahan dari Presiden, supaya anggaran terserap optimal. Prinsipnya penyerapan anggaran harus optimal, agar pergerakan ekonomi rakyat bisa dimaksimalkan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id