Anies dan Ariza Diminta Tidak Menunjukkan Silang Pendapat di Depan Publik

    Selamat Saragih, Media Indonesia.com - 05 Juni 2021 03:41 WIB
    Anies dan Ariza Diminta Tidak Menunjukkan Silang Pendapat di Depan Publik
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria/Antara/Deka Wira S.



    Jakarta: Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria (Ariza) diminta tidak menunjukkan silang pendapat di depan publik. Dikhawatirkan sikap ini nantinya membuat kesan pemimpin Ibu Kota tidak kompak.

    "Memang kita ingatkan kalau di luar dan depan publik Anies dan Riza itu harus sudah final keputusannya. Jangan masih diskusi kemudian masing-masing melontarkan pendapat," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Hendri Satrio, di Jakarta, Jumat, 4 Juni 2021.

     



    Anies dan Ariza beberapa kali berbeda pendapat tentang kebijakan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Teranyar, Anies dan Ariza beda sikap soal kebijakan sepeda road bike di Jl Sudirman-Jl Thamrin.

    Riza awalnya menyatakan sepeda road bike boleh melintas di luar jalur sepeda permanen yang telah dibangun. Namun, berbeda dengan Anies yang menegaskan kebijakan terkait hal itu masih dikaji.

    Baca: Anies Minta Pemotor Mengalah, Pesepeda Diimbau Bijak

    Di sisi lain, Hendri mengatakan perbedaan pendapat antargubernur dan wakilnya adalah suatu hal yang wajar dan justru baik dalam hal pengambilan kebijakan. Dia memberi contoh Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Soekarno-Hatta yang juga kerap berbeda pendapat dalam suatu isu.

    "Menurut saya, justru inilah team work. Saling mengisi, ada diskusi satu sama lain. Maka nanti policy yang dikeluarkan adalah policy terbaik. Jadi enggak harus selalu yes man, yes sir," kritik dia.

    Meski demikian, kata dia, perbedaan pendapat itu sebaiknya tidak ditunjukkan di hadapan publik. Sebab, bisa menciptakan berbagai persepsi, salah satunya menimbulkan kesan bahwa kedua pemimpin berbeda pola pikir.

    "Tidak bagus citranya di tengah masyarakat," ujar pendiri lembaga survei Kedai Kopi itu.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id