Pembuatan Paspor di Jakarta Barat Dipercepat

    M Sholahadhin Azhar - 12 November 2020 22:29 WIB
    Pembuatan Paspor di Jakarta Barat Dipercepat
    Ilustrasi/Antara/Fikri Yusuf.
    Jakarta: Durasi pembuatan paspor di Jakarta Barat dikebut. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat meminimalisasi penggunaan kertas dan menginisiasi e-Billing dalam pembuatan paspor.

    Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Barat Novianto Sulastono, menyebut hal ini menghapus birokrasi yang berulang. Misalnya, antrean dua kali dalam layanan check in, dan pengambilan biometrik. 

    Menurut dia, inovasi tersebut dapat memangkas antrean hingga 30 menit. "Harapannya aspek kualitas dan kuantitas layanan yang meningkat dapat menjadi indikator diperolehnya good governance dalam memberikan layanan publik," ujar Novianto dalam keterangan tertulis, Kamis, 12 November 2020.

    Selain memangkas durasi, hal tersebut juga dapat menghemat pengeluaran negara terkait kertas dan tinta. Penghematan berdampak positif bagi keuangan negara dan lingkungan.

    "Output inovasi ini yaitu menghilangkan pengisian Formulir Perdim 11 dan menghapus bukti pengantar pembayaran yang semua berupa kertas, sekarang digantikan menjadi digital (e-billing) melalui SMS," jelasnya. 

    Sekretaris Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Zaeroji, mengapresiasi inovasi itu. Sebab, mempermudah dan mempercepat pelayanan dan menjamin keamanan. 

    "Kalau dulu menggunakan kertas, tanda terima pembayaran itu boleh saja hilang di tengah perjalanan. Kalau sekarang ini dengan penggunaan aplikasi ini para penerima layanan yang telah membayar itu, tanda bukti bayarnya langsung dikirimkan ke handphone masing-masing," kata dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id