comscore

Jakarta PPKM Level 1, Ini Aturan Lengkap Terbaru

Sri Yanti Nainggolan - 24 Mei 2022 13:33 WIB
Jakarta PPKM Level 1, Ini Aturan Lengkap Terbaru
Ilustrasi / Medcom.id
Jakarta: DKI Jakarta menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1 pada 24 Mei 2022 hingga 6 Juni 2022. Sejumlah aturan dilonggarkan. 

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022. 
"Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 1 (satu) yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," tulis aturan tersebut dikutip Selasa, 24 Mei 2022. 

Baca: Anies Berharap Jakarta Keluar dari Status PPKM

Berikut sejumlah aturan terbaru untuk wilayah PPKM level 1:

WFO 100%

Dalam aturan tersebut, disbeutkan bahwa kegiatan pada sektor non esensial dapat memberlakukan kerja dari dari kantor (WFO) 100 persen. Hal ini berlaku untuk pehawai yang sudah divaksin covid-19 dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja. 

Sementara, sektor pemerintahan mengikuti ketentuan teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Pasar 100%

Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari buka dengan kapasitas 100 persen. Pengunjung wajib berkategori Hijau di aplikasi PeduliLindungi. 

Pasar rakyat beroperasi 100 persen. Pedagang kaki lima dan toko pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol Kesehatan yang pengaturan teknisnya yang diatur oleh Pemerintah Daerah. 
 
 

Restoran 100% dan boleh buka sampai dini hari 

Warung makan dan pedagang kaki lima bisa beroperasi 100 persen dengan jam tutup pukul 22.00 WIB. Aturan serupa berlaku untuk restoran dan kafe dengan pengunjung berkategori Hijau. 

Restoran dan kafe yang beroperasi di malam hari bisa beroperasi pukul 18.00-02.00 WIB dengan kapasitas maksimal 100 persen. 
 

Mal 100% dan tutup pukul 22.00 WIB

Mal bisa beroperasi hingga pukul 22.00 WIB dengan kapasitas maksimal 100 persen. Anak berusia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua dan sudah divaksin minimal dosis pertama. Tempat bermain anak dibuka dengan syarat serupa. 

Baca: PPKM Kembali Diperpanjang Hingga 6 Juni

Bioskop 100%

Bioskop dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen. Pengunjung wajib berkategori Hijau di aplikasi PeduliLindungi. 
 

Tempat ibadah 100%

Masjid, Musholla, Gereja, Pura, Vihara, dan Klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah, dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah dengan maksimal 100 persen kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. 
 
 

Fasilitas umum dan transportasi umum 100%

Fasilitas umum diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100 persen. Pengunjung wajib memakai masker, menjaga protokol kesehatan, dan berkategori Hijau di aplikasi PeduliLindungi. Anak berusia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua dan sudah divaksin minimal dosis pertama. 

Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. 

Baca: PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, 170 Daerah Berstatus Level 1
 

Kegiatan humaniora dan resepsi pernikahan 100%

kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100 persen. Pengunjung wajib berkategori Hijau di aplikasi PeduliLindungi. 

Lalu, pelaksanaan resepsi pernikahan dapat diadakan dengan maksimal 100 persen kapasitas ruangan. 

(SYN)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id