DPRD DKI 2019-2024 Tak Wajib Bentuk Pansus Wagub

    Theofilus Ifan Sucipto - 06 Agustus 2019 12:37 WIB
    DPRD DKI 2019-2024 Tak Wajib Bentuk Pansus Wagub
    DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: DPRD DKI Jakarta periode 2019-2014 tak wajib membentuk panitia khusus (pansus) pemilihan wakil gubernur (wagub). Masalah ini harus menjadi kesepakatan bersama anggota DPRD ke depan.

    "Keniscayaan setiap periode DPRD maupun DPR RI, kegiatan pertama setelah dilantik adalah membuat tata tertib (tatib)," kata Wakil Ketua Pansus Wagub DKI Bestari Barus saat dihubungi, Selasa, 6 Agustus 2019.

    Tatib Dewan mengatur tentang pola kerja dan peraturan lain mengenai pekerjaan DPRD. Namun, Dewan yang baru dilantik bisa menggunakan tatib lama sebagai draf tatib baru.

    Pembentukan pansus wagub DKI, ungkap Bestari, hanya sebagian kecil dari isi tatib Dewan. Sementara itu, pansus wagub DKI dibentuk untuk merumuskan tatib pemilihan wagub DKI. 

    Ketua Fraksi NasDem itu menyebut daerah lain bisa saja tidak membutuhkan pansus karena memiliki tatib pemilihan wagub. Dengan begitu, proses pemilihan wagub dilanjutkan dengan membentuk panitia pemilihan (panlih) dan rapat paripurna.

    Baca: PKS Menyindir Pimpinan DPRD Soal Rapimgab Cawagub DKI

    "DKI Jakarta bikin pansus untuk pemilihan wagub karena memang belum ada (tatib pemilihan wagub). Makanya dibuat pansus sebagai adendum tatib Dewan," ujar Bestari. 

    Dia mengatakan jika tatib pemilihan wagub telah diatur dalam tatib, pansus tidak perlu dibentuk. Anggota Dewan periode 2019-2024 yang akan memutuskan hal tersebut.

    "Kalau masuk periode baru, buat kesepakatan lagi membuat (tatib) bagaimana," pungkas Bestari.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id