Puluhan Pengendara Masuk Jalur Sepeda Ditindak

    Kautsar Widya Prabowo - 26 November 2019 01:19 WIB
    Puluhan Pengendara Masuk Jalur Sepeda Ditindak
    Jalur sepeda di Jalan Asia-Afrika, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Puluhan pengendara yang masuk ke jalur sepeda di beberapa kawasan di Jakarta ditindak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Pelanggar didominasi roda dua.

    "Jumlah penindakan pelanggaran sebanyak 66 pelanggaran," kata Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, saat dikonfirmasi, Senin, 25 November 2019. 

    Penegakan hukum dilakukan di tiga fase pembangunan jalur sepeda. Fase pertama meliputi Jalan Merdeka Selatan, Thamrin, Imam Bonjol, Pramuka dan Pemuda.

    Fase kedua meliputi kawasan Sudirman sampai dengan Fatmawati. Terakhir meliputi Jalan Tomang Raya, Kebon Sirih, Matraman, Jatinegara Timur dan Barat.

    "Ruas jalur sepeda yang paling banyak terjadi pelanggaran ada di ruas Jalan Medan Merdeka Selatan," ujarnya.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut penindakan terhadap pengendara yang melintas jalur sepeda diatur dalam Pergub Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penyediaan Lajur Sepeda. Pergub 128/2019 disebutkan jalur-jalur sepeda yang sudah ditetapkan oleh Pemprov DKI hanya boleh dilewati oleh sepeda, sepeda listrik, otopet, skuter, hoverboard dan unicycle (sepeda roda satu).

    Ada dua pelanggaran yang diatur dalam Pergub Penyediaan Lajur Sepeda, yaitu terhadap marka jalan dan rambu lalu lintas pada jalur sepeda dengan sanksi mengacu pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

    "Di Pasal 287 ini, rekan-rekan Kepolisian akan memberikan tilang. Jadi begitu ada pelanggaran akan dikenakan denda maksimum Rp500 ribu atau kurungan pidana maksimal dua bulan," kata Syafrin



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id