comscore

May Day, Buruh Usung 10 Tuntutan

Siti Yona Hukmana - 27 April 2019 10:21 WIB
<i>May Day</i>, Buruh Usung 10 Tuntutan
Presiden (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Sejumlah perwakilan serikat buruh bertemu dengan pejabat Polda Metro Jaya. Pertemuan itu dalam rangka silaturahmi menjelang peringatan 1 Mei Hari Buruh sedunia atau May Day.

Perwakilan buruh yang hadir, yaitu; Presiden (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos beserta Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI).
"Kami memenuhi undangan Polda Metro. Kami menyampaikan akan terus melakukan perjuangan. Tentu di peringatan 1 Mei besok kita akan mengusung 10 tuntutan," kata Nining di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 26 April 2019.

Nining merincikan 10 tuntutan tersebut. Pertama, kata dia, meminta Peraturan Presiden (PP) Nomor 78 Tahun 2019 dicabut. Kedua, meningkatkan kualitas kinerja pengawasan.

Kemudian, menuntut penghapusan sistem kerja kontrak outsourcing dan magang. Lalu, menghentikan tindakan pemutusan hubungan kerja (PHK) semena-mena. Termasuk mengkriminalisasi aktivis buruh baik di berbagai macam sektor, khususnya termasuk kaum buruh.

"Terus turunkan harga-harga kebutuhan pokok, di mana rakyat hari ini khususnya kami mewakili dari kaum buruh tentu merasakan bagaimana beban beratnya dengan upah yang rendah dan kemudian terjadi kenaikan berbagai macam kebutuhan pokok. Itu adalah menjadi tuntutan kami di dalam aksi 1 Mei besok," ungkap Nining.

Nining mengatakan, KASBI bersama Gerakan Buruh untuk Rakyat (Gebrak) akan turun ke jalan khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada 1 Mei 2019 pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Titik kumpul pertemuan dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat.

"Lalu, kami akan melakukan longmarch ke Istana. Jumlahnya 20 ribu buruh akan melakukan orasi dengan berbagai macam tuntutan tadi untuk di wilayah Jakarta," ujarnya.

Unjuk rasa Hari Buruh ini, disebutkan Nining juga dilakukan di sejumlah daerah. Seperti Subang, Bandung, Cirebon, Indramayu hingga ke Batam.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengaku siap mengamankan aksi tahunan tersebut. "Jumlah personelnya nanti ya. Didiskusikan dulu," imbuh Argo.

Baca: Jokowi dan Serikat Buruh Bahas May Day

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah perwakilan serikat pekerja Indonesia bertemu di Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam pembicaraan tersebut disepakati sejumlah hal, diantaranya yaitu soal peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei atau May Day.
 
"Semuanya sepakat peringatan hari buruh akan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang baik, yang memberikan ketenangan dan damai. Sehingga kita harapkan rakyat juga ikut merasakan kegembiraan dalam merayakan hari buruh minggu depan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat, 26 April 2019.
 
Jokowi juga menyampaikan pemerintah sepakat merevisi Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Revisi PP diharapkan tidak merugikan pihak mana pun.

Sementara itu, Presiden KSPSI Andi Gani berkomitmen memperingati May Day 2019 dengan cara-cara positif. Di sisi lain, Gani mengatakan pihaknya juga sudah membentuk tim bersama merevisi PP 78/2015. Tim berisi kalangan buruh.
 
Gani juga meminta Jokowi membentuk desk perburuhan di Kepolisian. Pembentukan desk menjadi upaya melindungi para buruh. "Untuk bisa melindungi hak-hak buruh dan juga untuk bisa menjadi tempat untuk mencari keadilan buat para buruh," kata Andi.

(YDH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id