Anies Diminta Aktif Lobi PKS dan Gerindra

    Theofilus Ifan Sucipto - 09 Agustus 2019 09:36 WIB
    Anies Diminta Aktif Lobi PKS dan Gerindra
    DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta aktif berkoordinasi dengan dua partai pengusung wakil gubernur (wagub) DKI, Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Anies wajib serius jika ingin segera mendapat pendamping.

    “Kalau Pak Anies melempar ke publik dia ingin segera ada wagub, ya tolonglah bertiga duduk bareng,” kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD DKI Gembong Warsono kepada Medcom.id, Jumat, 9 Agustus 2019.

    Gembong menyebut Anies seharusnya rutin berbicara dengan kedua PKS dan Gerindra. Komunikasi diperlukan untuk mempercepat proses pengisian kursi wagub yang sudah kosong hampir setahun.

    Anggota Komisi A DPRD DKI itu mengungkapkan sejatinya proses wagub tidak perlu berlarut seperti saat ini. Pemilihan bisa rampung jika Anies dan dua partai pengusung wagub rutin berkoordinasi.

    “Kembali lagi,  prosesnya bisa cepat bisa lambat tergantung dua partai pengusung. (Kalau) dua partai itu melakukan koordinasi dan lobi-lobi, clear itu dua atau tiga hari,” ujar Gembong.

    Gembong juga menanggapi pernyataan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi beberapa waktu lalu. Suhaimi menyebut rapat pimpinan gabungan (rapimgab) pengesahan tata tertib (tatib) tak bisa berjalan tanpa pimpinan Dewan.

    Sejauh ini, rapimgab tersebut sudah tiga kali tertunda. Pimpinan DPRD dari PDI Perjuangan Prasetio Edi Marsudi tidak hadir dalam ketiga rapimgab. Namun, Gembong meminta PKS tak mencari kambing hitam.

    Baca: Anies Ingin DPRD Cepat Berikan Pasangan

    “Tapi bagaimana Pak Anies memediasi dua partai 2 partai pengusung, duduk bareng, satukan pemahaman untuk terwujud wagub,” pungkas Gembong.

    Sebelumnya, Anies berharap DPRD segera memilih pasangannya. Anies hampir satu tahun 'melajang' setelah Sandiaga Uno mundur dari kursi wagub pada 10 Agustus 2018.
     
    "Harapan saya mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya berakhir," kata Anies di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Kamis 8 Agustus 2019.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id