'Getah Getih' Tak Bikin Anies Kapok

    Nur Azizah - 19 Juli 2019 17:28 WIB
    'Getah Getih' Tak Bikin Anies Kapok
    Instalasi seni bambu getah getih di Bundaran Hotel Indonesia. ANT/Dhemas Reviyanto.
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seolah tak kapok dengan kritikan setelah membongkar instalasi seni bambu getah getih. Anies ingin mengundang para seniman membuat instalasi seni baru di Jakarta.

    "Selesai yang ini kita akan lebih sering lagi mengundang para seniman terutama yang menggunakan bahan-bahan lokal untuk menunjukkan karyanya di sini, sama seperti karya-karya seni yang lain," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019.

    Baca: Anies Bantah Anggaran Getah Getih Sia-sia

    Anies akan memberi durasi penampilan setiap instalasi seni itu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut satu karya bisa dipajang selama enam bulan hingga setahun di ibu kota.

    Lokasi pemasangan karya seni pun bisa di mana saja. Pemasangan karya seni itu tak harus di lokasi bekas getah getih.

    "Bisa di taman atau Bundaran HI," kata Anies.

    Pembongkaran karya seni getah getih ini menuai kritik dari DPRD DKI. Karya seni seharga Rp550 juta itu hanya bertahan 11 bulan. Anies pun dinilai tak matang dalam merencanakan pemasangan getah getih.

    Anies tak terima disebut menyia-nyiakan anggaran. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berkilah anggaran itu diterima masyarakat kecil, khususnya petani bambu di Jawa Barat.

    Anies menyebut uang itu tak akan sampai ke masyarakat jika instalasi seni itu terbuat dari besi. Karena besi akan diimpor dari Tiongkok.

    "Kalau saya memilih besi maka itu impor dari Tiongkok mungkin ke sini uangnya, justru tidak rakyat kecil. Tapi, ini Rp550 juta itu diterima petani bambu," jelas Anies.

    Baca: Anies Disebut Menerapkan Program Tanpa Pikir Panjang

    Instalasi bambu seharga Rp550 juta itu dibongkar pada Rabu, 18 Juli 2019. Pemprov DKI menyebut instalasi seni itu telah lapuk. Instalasi bambu itu dipasang untuk memeriahkan perhelatan Asian Games Agustus 2018.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id