• DOMPET KEMANUSIAAN LOMBOK : Tanggal 16 AGUSTUS 2018 terkumpul RP 12.144.868.902

Sandi: BMKG Pelajari Jalan Retak di Berlan

Haifa Salsabila - 13 Februari 2018 18:48 wib
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) meninjau proyek
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kanan) meninjau proyek revitalisasi Taman Lapangan Banteng, di Jakarta. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sedang mempelajari jalan retak di Kampung Berlan, Jakarta Timur. BMKG meminta warga waspada. 

“Diprediksi ada patahan atau ada patahan yang selama ini tidak aktif,” kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Februari 2018.

Sandi menjelaskan retakan itu disebut sesar atau patahan yang berada di bagian dalam. BMKG masih mendalami patahan tersebut. 

“Mereka (BMKG) lagi lihat data-data dari 1916, pergerakan dan data-data baik sinyal S maupun sinyal P di patahan tersebut. Baru dibicarakan kemarin,” papar Sandi. 

Dia menuturkan patahan tersebut terjadi jika ada gempa. Selain itu, bangunan-bangunan di kawasan tersebut dapat terdampak. 

“Satu, adalah gempa, nomor dua adalah tentunya pergerakan-pergerakan khususnya yang berkaitan konstruksi dan gedung-gedung yang berada di sekitar patahan tersebut,” terang Sandi. 

Baca: Ranting Pohon, Penanda Lubang di Jalur Nasional

Menurut dia, laporan terus diberikan kepadanya terkait peristiwa ini. Pemprov DKI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI dan BMKG sedang mengkaji dan membuat standar operasional prosedur (SOP) untuk mengantisipasi dampak patahan.

“Karena kita punya golden period, setiap ada gempa kalau itu 200 km kira-kira kita punya waktu 20 detik. Jadi SOP-nya apa saja yang perlu dicermati oleh Pemprov DKI dan masyarakat Jakarta harus mengetahui,” ujar Sandi.




(OGI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.