Penertiban PKL Tanah Abang Akan Lebih Bersahabat

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 April 2019 10:35 WIB
    Penertiban PKL Tanah Abang Akan Lebih Bersahabat
    Sejumlah PKL kembali berjualan di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
    Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mengedepankan pola humanis dalam menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) di Tanah Abang, Jakarta. Mereka akan diberikan edukasi melalui poster dan banner soal fungsi jalan. 

    “Pendekatan edukasi dulu pedagang bahwa badan jalan untuk mobil, trotoar untuk pejalan kaki,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi DKI Jakarta Arifin kepada Medcom.id, Jakarta, Jum'at 26 April 2019.

    Arifin memastikan pihaknya akan bertindak tegas bila pedagang tetap membandel. Mereka pun tak segan mengangkut barang dagangan mereka bila tetap berjualan di badan jalan.

    “Supaya jalan yang seharusnya untuk pejalan kaki kembali lengang dan bisa difungsikan oleh warga,” ujar dia.

    Baca: Satpol PP Tambah Pasukan Jaga Pasar Tanah Abang

    Dia mengatakan PKL seharusnya tidak lagi berdagang di badan jalan. Sebab, mereka sudah diberikan tempat untuk menjajaki dagangannya di Jembatan Penyeberangan Multiguna (skybridge).

    Namun, kata dia, mendekati Lebaran membuat banyak pedagang baru yang coba mencari peruntungan. Sehingga, mereka yang tak mendapat lapak di Skybridge,  justru membuka dagangannya di trotoar.

    "Karena tradisi menjelang bulan puasa, menjelang lebaran biasanya pedagang-pedagang baru untuk mencari keuntungan untuk lebaran," kata Arifin.

    Sebanyak 250 personel Satpol PP dikerahkan untuk mengantisipasi membeludaknya PKL di trotoar. Mereka akan ditempatkan di 14 lokasi.

    "14 titik sekitar itu, kami berada di area ruang publik bukan di dalam pasarnya di bawah kolong jembatan di pintu keluar masuknya stasiun, di depan pasar blok A, dan di Jalan Jatibaru," pungkas dia.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id