Sampah Pintu Air Manggarai Mencapai 888 Ton

    Sri Yanti Nainggolan - 22 September 2020 12:03 WIB
    Sampah Pintu Air Manggarai Mencapai 888 Ton
    Ilustrasi pintu air Manggarai. Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat lebih dari 800 ton sampah menumpuk di Pintu Air Manggarai pada Selasa, 22 September 2020. Sampah terbawa dari Sungai Ciliwung.

    "Total 888 meter kubik (1 meter kubik sama dengan 1 ton) dengan ketinggian air 740 sentimeter," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 September 2020.

    Baca: Anies Diminta Mulai Fokus Menangani Banjir

    Jumlah petugas yang dikerahkan untuk membersihkan sampah, yakni 20 orang dengan armada 20 unit. Ada tiga jenis alat berat yang digunakan.

    Pertama, dump truck tipper kecil dengan 2 rit (perjalanan bolak-balik) membawa 28 ton sampah. Kedua dump truck tipper besar membawa 400 m3 sampah dengan 20 rit, dan tronton membawa 270 m3 sampah dengan 9 rit.

    Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta juga turut mengumpulkan sampah dengan menggunakan alat dump truck tipper besar sebanyak 40 m3 dengan 2 rit dan tronton membawa 150 m3 sampah dengan 5 rit.

    Hingga saat ini, sudah terkumpul 63 ton sampah di BKB Season City, Jakarta Barat. Sampah diangkut menggunakan dump truck tipper besar dengan perjalanan 3 rit.

    Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta juga menyiagakan 15 petugas dengan 5 unit armada dan dua unit alat berat. Bahkan, 10 petugas juga disiagakan di Sungai Ciliwung, Jembatan Kampung Melayu, Jakarta Timur, dengan 5 unit armada, 2 unit di antaranya alat berat.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id