Anies Disarankan Siapkan Nakes di Sekolah

    Antara - 06 April 2021 17:45 WIB
    Anies Disarankan Siapkan Nakes di Sekolah
    SMPN 30 Jakarta bersiap menghadapi pembelajaran tatap muka, Selasa, 6 April 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman



    Jakarta: Epidemiolog Griffith University Dicky Budiman menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) pada uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah. Uji coba ini dimulai Rabu, 7 April 2021.

    "Pemprov DKI harus melakukan mitigasi secara matang sehingga keputusan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di sekolah ini tidak menimbulkan kasus baru covid-19," ujar Dicky saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 6 April 2021.






    Menurut dia, pembukaan sekolah di DKI harus melibatkan pendampingan dari Dinas Kesehatan melalui puskesmas, klinik, atau dokter. Tenaga kesehatan nantinya bertugas memantau kegiatan sekolah agar tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

    Baca: Mengintip Persiapan SMPN 30 Jakut Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka

    "Setiap sekolah harus jelas siapa pemantaunya karena ini tidak seperti sekolah biasa. Jadi, harus ada pengampu petugas kesehatan," ucap dia.

    Dicky menekankan ketika ditemukan kasus covid-19 baik di kalangan siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya, uji coba itu wajib dihentikan sementara. Petugas kesehatan yang ditunjuk Dinas Kesehatan mesti menindaklanjuti temuan dengan penelusuran kontak (tracing).

    "Jangan lupa ada rem darurat ketika misalnya dalam satu kelas atau kelompok yang positif satu orang, itu sudah harus membuat kelompok itu karantina dulu dua minggu, sembari nanti di-tracing," ujar dia.

    Dinas Pendidikan DKI mengatakan 85 sekolah di Ibu Kota akan menguji coba pembelajaran tatap muka. Ada tahapan seleksi untuk mengizinkan sekolah menggelar pembelajaran tatap muka. Dinas Pendidikan melihat kesiapan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.

    "Ternyata dari 100 (sekolah yang diasesmen) itu sisanya 85 sekolah piloting (percontohan), SD, SMP, SMA, SMK," ujar Humas Dinas Pendidikan DKI Taga Radja.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id