Sampah di Bantargebang Mencapai 2.142 Ton di Hari Pertama Lebaran

    Sri Yanti Nainggolan - 14 Mei 2021 12:53 WIB
    Sampah di Bantargebang Mencapai 2.142 Ton di Hari Pertama Lebaran
    Ilustrasi tumpukan sampah di TPST Bantargebang/ANT/Fakhry Hermansyah



    Jakarta: Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, menerima 2.142 ton sampah pada hari pertama Lebaran 2021. Angka tersebut menurun dari tahun lalu.

    Sampah tersebut diangkut dengan 405 rit truk sampah. Tahun lalu, jumlah sampah yang diterima 2.195 ton dengan ritase 432.

     



    Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin mengatakan biasanya tonase sampah menurun sebelum dan sesudah lebaran. Namun, tahun ini berbeda karena ada pengosongan dipo dan tempat pembuangan sementara (TPS) menjelang Idulfitri. 

    "Sehingga diharapkan para sopir truk sampah tersebut dapat bersilaturahmi dengan keluarga pada saat Idulfitri," kata Syaripudin melalui keterangan tertulis, Jumat, 14 Mei 2021. 

    Baca: DKI Siapkan Terobosan Baru Pengelolaan Sampah Bantargebang

    Inilah alasan tonase sampah meningkat pada malam takbiran. Jumlah sampah pada H-1 tahun ini mencapai 8.713 ton dengan 1.580 rit truk sampah. Sementara itu, tahun lalu tercatat 6.995 ton dengan 1.299 rit truk sampah.

    Syaripudin juga mengungkapkan TPST Bantargebang tetap beroperasi normal pada Idulfitri. Tempat itu beraktivitas hingga pukul 04.00 WIB. Kemudian, dibuka lagi pukul 10.00 WIB. 

    "Per hari ini dwelling time atau waktu rata-rata truk sampah mengantre, menimbang, dan menurunkan sampah di sana hanya 3 jam 47 menit," papar dia. 

    Syaripudin juga menyatakan Dinas Lingkungan Hidup sudah mengantisipasi jika ada peningkatan jumlah sampah di momen ini. "Pola dan strategi operasi sudah kita antisipasi," tutur dia. 

    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id