Stok Kantong Darah Menipis, PMI DKI Gencarkan Donor Darah

    Christian - 18 November 2020 19:58 WIB
    Stok Kantong Darah Menipis, PMI DKI Gencarkan Donor Darah
    Pegawai ASN dan PJLP Pemkot Jakpus mengikuti donor darah di Pemkot Jakpus, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu 18 November 2020. Medcom.id/Chsristian
    Jakarta: Stok kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menipis akibat pandemi covid-19 (korona). PMI DKI Jakarta menggencarkan kegiatan donor darah menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PJLP di Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat.

    "Stok darah di PMI memang krisis di awal pandemi covid-19 lantaran warga itu takut keluar untuk donor darah," kata Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi, di Kantor Pemkot Jakpus, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 18 November 2020.

    Rustam menyebut berkaca dari kekurangan itu, kegiatan donor darah makin digencarkan. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah di wilayah Jakarta.

    "Setiap hari Jakarta membutuhkan 1.000 kantong pasokan darah untuk didistribusikan ke rumah sakit. Maka itu kami juga harus pastikan kebutuhan stok darah aman pada besoknya," tutur dia.

    (Baca: PMI Siap Bantu Distribusi Vaksin Covid-19)

    Rustam mengapreasi jajaran Pemkot Jakpus memberikan bantuan dengan kegiatan donor darah. Dia memastikan kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan.

    "Kegiatan yang kami lakukan menerapkan protokol kesehatan ketat dan alat-alat medis dipastikan steril dan para petugas menggunakan APD," tutur dia.

    Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, mengatakan pihaknya terus mendorong aksi kemanusiaan di tengah pandemi covid-19. Dia menargetkan mendapatkan 1.100 kantong darah.

    "Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari," tutur dia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id