Pembangunan Drainase Vertikal di DKI Hampir Mencapai 3.000 Titik

    Kautsar Widya Prabowo - 17 Maret 2021 19:04 WIB
    Pembangunan Drainase Vertikal di DKI Hampir Mencapai 3.000 Titik
    Ilustrasi sumur resapan. MI/Bary Fathahilah



    Jakarta: Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyebut proses pembangunan drainase vertikal kurang lebih telah mencapai tiga ribu titik. Sumur resapan itu dinilai efektif untuk menangani banjir di Ibu Kota.

    "Sampai Januari 2021 terbangun 2.986 drainase vertikal di 782 lokasi yang masing-masing ada di seluruh kota madya DKI Jakarta," ujar Sekretaris Dinas SDA DKI Dudi Gardesi dalam diskusi virtual, Rabu, 17 Maret 2021.






    Dudi menyebut Jakarta Selatan menjadi wilayah terbanyak dibangun drainase vertikal, total sebanyak 1.007 titik tersebar di 223 lokasi. Selanjutnya Jakarta Timur sebanyak 865 titik tersebar di 273 lokasi, Jakarta Barat sebanyak 410 titik di 101 lokasi.

    Baca: DKI Baru Bangun 2.974 Sumur Resapan dari Target 1,8 Juta

    Kemudian Kepulauan Seribu sebanyak 132 titik tersebar di 53 lokasi, Jakarta Pusat sebanyak 525 titik tersebar di 110 lokasi, dan Jakarta Utara sebanyak 35 titik di delapan lokasi.

    "Kami harapkan bisa meningkatkan ketahanan terhadap genangan hujan lokal," kata dia.

    Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mempertanyakan target pembuatan sumur resapan di masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. Dia sangsi DKI bisa membuat 1,8 juta sumur resapan tepat waktu.

    "Saya tak tahu kenapa Pak Gubernur membuat rencana itu di dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tapi kok tidak berjalan," ujar Ida saat dihubungi, Rabu, 24 Februari 2021.

    Dia mengatakan saat ini diperkirakan sudah ada 15 ribu sumur resapan. Dinas Sumber Daya Air (SDA) diminta mempercepat pengerjaan program tersebut dengan menambah vendor.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id