e-TLE di Jalur TransJakarta Segera Diuji Coba

    Candra Yuri Nuralam - 14 November 2019 17:44 WIB
    e-TLE di Jalur TransJakarta Segera Diuji Coba
    Ilustrasi kamera tilang elektronik. Foto: MI/Pius Erlangga
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya segera mencoba sistem tilang elektronik (e-TLE) di jalur TransJakarta. Kesepakatan antara polisi dan pihak TransJakarta segera rampung.

    "Dalam waktu dekat informasinya akan diuji cobakan, awal uji coba akan ada di dua titik dulu," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 14 November 2019.

    Fahri mengatakan penempatan dua kamera belum mencapai kesepakatan. Polisi dan pihak TransJakarta masih menganalisa lokasi-lokasi yang dinilai cocok buat uji coba.

    Dia menyebut uji coba kemungkinan besar dilaksanakan bulan ini. "Tapi nanti saya pastikan dulu. Nanti coba pastikan tanyakan juga ke TransJakarta, saya dengar informasinya sudah hampir siap," ujar Fahri.

    Fahri menuturkan pihaknya akan mendata kendaraan-kendaraan yang diberikan pengecualian melintasi jalur TransJakarta. Sejumlah kendaraan yang bebas lewat jalur TransJakarta yakni kendaraan pejabat negara, tamu negara, ambulans, dan mobil pemadam kebakaran. 

    Namun, diskresi itu diberikan dalam situasi genting. Operator tetap melakukan penilangan bila tak sesuai aturan. 

    "Kalau hanya buat mengurai kemacetan jalur busway tidak digunakan," ucap Fahri.

    Pemberian diskresi ini dilakukan dengan cara memasukkan pemetaan khusus ke dalam sistem tilang elektronik. Pemetaan ini bisa mengenali pelat nomor dan bentuk rupa kendaraan yang boleh melintas jalur TransJakarta dalam kegentingan.

    "Kita minta data dari instansi terkait, nanti kita datakan, kalau itu nomor pelat ambulans sekian-sekian, jalur itu akan diberika dispensasi untuk mereka," ucap dia. 




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id